Hasil Lomba Burung Presiden Cup 2

Even Presiden Cup yang dikemas BnR pekan lalu di Parkir Timur Senayan Jakarta boleh dibilang jadi semacam pesta akbarnya kicau mania tahun ini. Inilah hasilnya.

Perlu catatan harian penangkaran

Penjodohannya pun tidak mudah, sebab membedakan jantan betina pun tidak gampang. Butuh pengalaman dan kepekaan untuk memastikan jenis kelamin. Banyak sekali kasus breeder pemula gagal.

Kendala selalu ada, tetapi bisa diatasi

Penelurusan ke sejumlah breeder cucakrawa, disebutkan bahwa kendala yang harus dihadapi sesungguhnya cukup banyak. Namun kendala-kendala ini ternyata tidak pernah menyurutkan para breeder, karena biasa diatasi.

Cucakrowo perlu ketenangan dan multivitamin

Meski ada pemodal kelimpungan ketika ikut-ikutan mencoba beternak cucakrowo namun ada saja breeder yang tersenyum lantaran modal yang dikeluarkan relatif sedikit tetapi hasilnya berlipat-lipat.

Harga burung saat ini

Harga burung di wilayah Solo dan sekitarnya (Soloraya) pada pertengahan Maret 2012 menunjukkan beberapa kenaikan yang signifikan. Seperti apa?

Minggu, 24 Oktober 2010

Jumat, 22 Oktober 2010

Video burung dan video aneh lainnya, menu baru di omkicau.com

Selamat siang, sore, malam dan pagi Om dan Tante semua. Dengan senang hati saya sampaikan bahwa omkicau.com sudah mengupgrade web untuk bisa upload video burung dan ditonton langsung di web ini. Dengan demikian, Anda bisa melihat langsung video-video khususnya burung langsung nggak muter-muter ke mana-mana.


Untuk itu, bagi yang punya video burung dan mau ditampilkan di sini, silakan saja kirim filenya ke Om Kicau di alamat email dutosricahyono[ad]yahoo.com.


Video-video di sini, saya upload dalam kategori "Video". Sedangkan untuk burung, pada kategori video burung.


Salah satu artikel video yang baru saja saya upload dan "wajib" ditonton sementara ini adalah beberapa video slow motion burung kolibri. Bagus sekali, baik dari aspek kualitas gambar maupun aktivitas burung kolibri itu sendiri. Silakan menikmati.


Salam video porno dari Om Kicau... Hehehe.

Video burung kolibri slow motion, bagus sekali Om...

Video burung kolibri yang sedang mengisap madu ini sangat indah. Dalam keterangan di youtube, dalam keterangannya,  video burung ini ditulis "This clip was shot with a Casio Ex-F1 high speed camera at 600fps, then upscaled to 720p HD". Diupload oleh user youtube, HumingbirdChannel.


[wpvideo ILMSYBfA w=400 h=230]


Video burung kolibri lainnya:


[wpvideo qv9PXhgf w=400 h=300]


[wpvideo 3fjIWFVB w=400 h=300]


[wpvideo JX1w2xCe w=400 h=300]

Video burung rambatan koleksi Om Heri, burung bagus untuk master

Video burung rambatan koleksi Om Heri Salatiga (GAT Farm) yang biasa untuk memaster anis kembang tangkarannya agar suara tajam.


[wpvideo 7L05Jczw w=375 h=240]

Video burung paruh bengkok pinter

Ada beberapa burung jenis burung paruh bengkok yang pintar untuk dilatih berbagai atrakasi. Di bawah ini adalah video burung paruh bengkok yang  saya ambil dari youtube yang sumber aselinya adalah siaran di TV Animal Planet.

[wpvideo XV8YJ5l8 w=375 h=240]

Penyakit sinusitis pada burung, gejala dan penanganan

Sinusitis pada burung. Kita sering berpikir bahwa sinusitis sekadar sebagai suatu penyakit serius yang mengganggu kehidupan makhluk hidup.  Pada mamalia mungkin hanya begitu tapi pada burung, sinusitis dapat berarti kematian burung jika tidak ditangani dengan benar.


Burung memiliki sistem sinus yang sangat rumit dengan banyak kantung yang berhubungan dan merupakan situs yang ideal bagi penyakit untuk tumbuh dan menyebar. Infeksi dapat dimulai pada satu situs dan bergerak melalui sistem sinus menyerang sebagian besar wilayah tengkorak. Infeksi yang parah pada burung hanyalah berarti kematian.


Terlihat seperti apakah gejala sinusitis?


Burung-burung yang terlihat bengkak pada matanya atau keluar cairan dari mata dan lubang hidung, merupakan salah satu pertanda sinusitis. Kadang-kadang semua sisi wajah bengkak dan mata tertutup. Pada lain waktu, akan ada pembengkakan yang berbeda tepat di atas mata.


Gangguan pernafasan, yang jelas terlihat ataupun samar, biasanya menunjuk ke keterlibatan sinus. Burung dengan sinusitis terlihat sebagaimana unggas yang sedang sakit. Mereka akan memiliki tanda-tanda serangan penyakit burung pada umumnya, tidak mau makan dan tidur melulu.


Karena situs berada pada struktur dekat mata, maka bagian apa saja yang terserang sinus akan menunjukkan gejala bengkak, mata memerah dan berair.


Hal lain yang menandai adanya sinusitis adalah adanya benjolan keras tetapi bukan berisi nanah.


Apa penyebab utama sinusitis?


Bakteri dan virus adalah penyebab yang paling umum terjadinya sinusitis. Bakteri memang menjadi penyebab sinusitis yang paling utama. Bakteri ini menyebabkan tumbuhnya daging keras yang menumpuk di sinus. Kadang-kadang bakteri ini bisa sangat resisten terhadap antibiotik, yang membuat perawatan menjadi sangat sulit.


Bakteri Chlamydia (penyebab Psittacosis) akan menginvasi sinus dengan mudah. Sebuah contoh klasik adalah Neophema yang membuat mata memerah, menyebabkan burung suka menggosok-gosokkan muka pada tenggeran.


Mycoplasma (jenis lain bakteri) biasanya juga menyerang sinus burung merpati dan kutilang. Hal itu memang tidak menyebabkan kerusakan parah tetapi membuka pintu bagi terjadinya infeksi sekunder oleh beberapa bakteri berbahaya.


Kekurangan Vitamin A juga dapat menyebabkan perubahan pada lapisan sinus yang mengarah ke infeksi sekunder oleh bakteri.
Ada juga beberapa infeksi jamur yang menyebabkan sinusitis tetapi ini tidak umum.


Apa yang harus Anda lakukan untuk burung yang terinfeksi?


Langkah pertama adalah menyadari bahwa infeksi sinus bisa membunuh burung. Dekati burung  dan lihat dari dekat pada area mata dan sekitarnya. Apakah ada kerusakan pada bagian mata? Apakah ada cairan yang keluar dari lubang hidung? Apakah ada perubahan tertentu pada kedua sisi kepala? Apakah ada bengkak - jika memang bengkak, lunak atau keras?


Untuk kasus ringan di mana tidak ada pembengkakan kepala dan hanya sebagai ada gangguan di lubah hidung – Anda bisa langsung memberikan antibiotik pada burung.  Pengobatan perlu dilakukan minimal 10 hari.


Jika ada kemungkinan burung terserang Chlamydia (Psittacosis) maka mereka segera diberi treatmen obat anti infeksi saluran pernafasan atas (misalnya BirdTwitter).  Chlamydia adalah penyebab paling umum sinusitis pada burung.


Jika terjadi pembengkakan di sekitar mata atau di sisi muka, maka perawatan harus lebih intensif. Bengkak ini bisa dibuka melalui pembedahan dan kemudian dibersihkan. Setelah itu, luka bisa ditetesi dengan obat khusus untuk pencegah infeksi dan antibiotik. Dalam hal ini bisa digunakan BirdPro.


Apakah ada pencegahan untuk sinusitis?


Tidak ada. Penyakit ini cenderung merupakan penyakit yang hanya menyerang beberapa burung dalam satu kelompok atau bahkan hanya satu burung di sangkar tunggal. Deteksi dini adalah hal terpenting yang perlu dilakukan. (Referensi: http://www.vetafarm.com/pages/Sinusitis-in-birds-.html)

Menangkar burung paruh bengkok yang dilindungi? Bisa dapat ijin kok...

Ada kabar gembira nih untuk para penggemar atau penghobi burung paruh bengkok (yang dilindungi) yang selama ini harus “bergelap-gelap” dalam usaha penangkaran burung jenis paruh bengkok ini. Kemungkinan akan diberikannya ijin penangkaran burung paruh bengkok dilindungi (yang masuk dalam Appendix I CITES) disampaikan Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Jawa Tengah, Ir Minto Basuki, dalam Rapat Koordinasi Pengamanan Dan Perlindungan Hutan Lintas Wilayah Mitra Praja Utama (MPU) di Semarang, Kamis 21 Oktober 2010.


Beberapa burung paruh bengkok dilindungi:



















“Bisa saja mengapa tidak, selama burung paruh bengkok dilindungi itu tidak memungkinkan lagi direhabilitasi untuk dihutankan kembali,” kata Ir Minto Basuki menanggapi pertanyaan Om Kicau dan Om Ige Kristanto yang hadir dalam rapat koordinasi itu yang dihadiri unsur-unsur Dinas/Instansi Kehutanan, Taman Nasional dan Pariwaisata dari 10 provinsi di Indonesia.


Rapat menghadirkan narasumber Ir Minto Basuki (Kepala Balai KSDA Jawa Tengah), Drs. Suyatno, M.Hum (Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Banjarnegara), Evi Haerliana (Dit KKH Dirjen PHKA Kementerian Kehutanan) dan Dr. Ir. Jarot Harsoyo, Msi (Undip Semarang), dan Duto Sri Cahyono (Om Kicau) dari unsur Komunitas Penggemar Burung Berkicau. Om Kicau menyajikan makalah yang ditulis oleh Om Ige, yang selama ini menghandle Yayasan Kutilang Indonesia.


Pernyataan Ir Minto Basuki diperkuat oleh pernyataan Evi Haerliana (Dit KKH Dirjen PHKA Kementerian Kehutanan). “Boleh saja tetapi dengan syarat bahwa asal-usul burung itu diketahui secara pasti. Sedangkan burung yang ditangkar itu statusnya adalah titipan negara kepada mereka yang menangkarkannya,” kata dia.


Jenis-jenis burung paruh bengkok yang dilindungi tersebut bisa Om dan Tante lihat dalam artikel Burung Paruh Bengkok Langka (klik saja).


Dengan demikian, saat ini, Anda para penggemar burung paruh bengkok bisa mendaftarkan burung Anda untuk ditangkarkan. Meskipun demikian, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebagaimana syarat yang ditetapkan untuk bisa mendirikan usaha penangkaran burung yang dilindungi.


Ada beberapa hal menarik lagi yang muncul dalam rapat tersebut, namun hal yang utama berkaitan dengan masalah perburungan adalah dimungkinkannya penangkaran burung paruh bengkok dilindungi tersebut.


Hasil rapat


Rapat yang diikuti unsur Dinas Kehutanan dan Perkebunan Provinsi Banten, Dinas Kehutanan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta, Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Tengah, Balai KSDA Provinsi DKI Jakarta, Balai KSDA Provinsi Jawa Tengah, Balai Besar KSDA Provinsi Jawa Timur, Balai KSDA Provinsi Jawa Barat, Balai KSDA Provinsi Jawa Tengah, BTN Gunung Merapi, BTN Gunung Merbabu, BTN Karimunjawa, BPTP Tahura Ngargoyoso Karanganyar, Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah, Biro Bina Produksi Setda Provinsi Jawa Tengah Dinas Kehutanan Jateng itu menghasilkan rekomendasi dan kesimpulan sebagai berikut:


1.         Dimohon kepada Kementerian Kehutanan dalam merevisi Kepmenhut Nomor 447/KPTS-II/2003 dan P.19/Menhut-II/2005 dapat disegerakan dan disesuaikan dengan PP Nomor 38/ 2007 sehingga dapat memberikan perubahan, kemudahan dalam pelayanan dan manfaat bagi kegiatan pemanfaatan TSL (Tanaman dan Satwa Liar) yang tidak dilindungi dan tidak termasuk appendix CITES


2.         Mengakomodir adanya peraturan Kabupaten Rembang terhadap larangan penambangan Koral, BKSDA Jawa Tengah tahun 2010 tidak menerbitkan izin tangkap koral di wilayah perairan Rembang.


3.         Guna Pelaksanaan Pergub Jateng 83 tahun 2010 dipandang perlu peningkatan kemampuan Petugas.


4.         Pelanggaran pemanfaatan TSL tidak dilindungi tidak termasuk dalam appendix CITES belum ada sanksi pidana, sanksi hanya administrasi.


5.         Faktor yang berpengaruh terhadap kesuksesan penangkar satwa liar adalah tersedianya satwa liar di habitat asli, penguasaan ilmu dan teknologi, tenaga trampil dan dukungan masyarakat.


6.         Manfaat TSL bagi kehidupan manusia antara lain manfaat ekonomi, nilai rekreasi kegiatan berburu, nilai keindahan dan etika, nilai dalam ilmu pengetahuan.


7.         F0 dan F1 dari satwa liar yang dilindungi masih dikategorikan sebagai satwa liar yang dilindungi UU. Setiap kelahiran dan kematian atau mutasi satwa di unit penangkaran wajib diliput Berita Acara serta diberikan penandaan (tagging) terhadap anakannya untuk bisa dibedakan status generasi indukan atau anakan. Terhadap unit penangkaran Rusa dikarenakan adanya tujuan domestikasi menjadi satwa ternak, maka kegiatan penandaan dapat dilakukan campurtangan berupa bantuan pelaksanaannya oleh pemerintah.


8.         Dalam rangka menyalurkan pemanfaatan dari hasil penangkaran Rusa serta mengakomodasi minat berburu dari masyarakat, perlu didorong terbentuknya kawasan/areal/kebun buru di wilayah Provinsi;


9.         Peran LK (Lembaga Konservasi) yang tidak sekedar sebagai lokasi display atau peragaan satwa tetapi juga sebagai sumber pengembangbiakan satwa-satwa yang bisa dimanfaatkan;


10.     Perlunya segera dilaksanakan koordinasi para pihak untuk antisipasi kegiatan pemanfaatan TSL di lintas batas wilayah administratif (antar provinsi);


11.     Menindaklanjuti P.19/Menhut-II/2005 Wilayah MPU mengusulkan perlu disusun petunjuk teknis/ petunjuk pelaksanaan restocking dan pelepas liaran satwa hasil penangkaran oleh Dirjen PHKA.


SALAM BURUNG PARUH BENGKOK, SALAM DARI OM KICAU

Video anis merah teler muter

Berikut ini adalah video burung anis merah teler yang menurut saya cukup enak ditonton. Diambil dari video burung youtube.
Anis merah teler muter
[wpvideo pVaSMD6a w=375 h=240]


Video anis merah teler lainnya
[wpvideo olNjpstM w=375 h=240]

[wpvideo dpS6qlVD w=375 h=240]

Rabu, 20 Oktober 2010

Smart Mastering -Mesin Master All in One, akhirnya muncul juga

Sudah beberapa waktu lampau saya sebenarnya pengin mesin masteran burung seperti ini. Terakhir saya main rumah Om Irvan seminggu yang lalu, juga ngobrol asyik tentang hal ini. Apa itu? Ikuti saja promo dari Om Irvan Sadewa di bawah ini yang diluncurkan di facebook.com.




HOT NEWS !!!
SMART MASTERING - Mesin Master All in One
Perangkat Player Digital bermaterikan SEMUA SUARA BURUNG MASTER +++ dan SEMUA SUARA THERAPY yang ada di semua varian CD Master Smart Mastering.
...
Dilengkapi dengan internal Baterai Li-ion, charger cord AC, Premium Quality Pre Amp Audio Codec, Digital Display, Preset Equalizer dan pengaturan REPEAT (Repeat 1/ALL/RANDOM) untuk suara burung dan suara therapy yang diinginkan.


Smart Mastering Mesin Master All in One dapat dijalankan selama 4-6 jam TANPA LISTRIK, karena menggunakan baterai internal yang bisa di charge. Tersedia juga soket untuk baterai internal tambahan kalau diperlukan.


Bayangkan.., SEMUA SUARA BURUNG +++ dan SEMUA SUARA THERAPY dari SMART MASTERING (termasuk suara-suara burung yang unpublished) ada di satu peralatan CERDAS seperti gambar diatas.


*** JANGAN BELI KALAU MAU RUGI.!! TIDAK PUAS DENGAN KUALITAS DAN HASILNYA, UANG DIKEMBALIKAN 2x (DUA KALI) LIPAT.


.:::.
Burung jadi juara apa enggak, itu urusan penjurian. Tapi burung bisa jadi bagus apa enggak itu jadi urusan Smart Mastering. :)



Nah tunggu apa lagi?
Salam suara burung, suara masteran dari Om Kicau...

Minggu, 17 Oktober 2010

Penyembuhan burung lovebird lumpuh/stroke

Oleh: Tony Alamsyah, Black Bird Keeping

[caption id="attachment_21130" align="alignright" width="100" caption="Om Tony BBK"][/caption]

Pada tahun 2010 marak sekali penyakit stroke pada LOVEBIRD. Tidak ada tanda tanda fisik sebelumnya. Pagi hari begitu gacor namun siang harinya lovebird telah kaku pada bagian kaki dan jika tidak secepatnya diobati, lovebird tersebut akan mengalami kematian.


Metode penyembuhan ini sebenarnya tidak sengaja saya temukan. Suatu hari saya bermain ke rumah Om Dwi di Jogja, pulangnya Om Dwi meminta saya untuk membawa salah satu anakannya karena beberapa anakan ditempat Om Dwi mati tanpa diketahui penyebabnya. Alasan yang lain anakan umur 3 bulan tersebut sudah “ngekek panjang”.


Sesampainya di rumah, lovebird tersebut saya gantang di rumah, ngekeklah dia begitu panjang. Perawatan anakan, saya terapkan di lovebird tersebut. Beberapa hari kemudian, ternyata hal yang saya takutkan terjadi. Lovebird yang begitu gacor tahu-tahu merambat di jeruji besi. Setelah saya pegang ternyata kaki lovebird tersebut sudah kaku. Berbekal obat dari Om Kicau, BirdPro (belum mulai dipasarkan sepertinya) saya coba teteskan langsung ke mulutnya. Tetapi pengobatan dalam/oral belumlah cukup. Harus juga ada penanganan secara fisik yang dapat saya jabarkan sebagai berikut:


1. Siapkan kotak tripleks ukuran 40x40x40 cm yang akan kita pergunakan sebagai kotak karantina atau bisa juga disebut inkubator dengan tutup bagian atas diberi kawat strimin. 




[caption id="attachment_23067" align="aligncenter" width="506" caption="Kotak inkubator burung sakit dari tripleks"][/caption]

2. Bikin lampu penghangat non permanen minimal 5 watt.




[caption id="attachment_23068" align="aligncenter" width="506" caption="Kotak karantina atau inkubator burung dengan penghangat di atasnya"][/caption]

3. Selanjutnya pindahkan LOVEBIRD ke inkubator tersebut dengan pakan cukup disebar didasar kandang.




[caption id="attachment_23069" align="aligncenter" width="506" caption="Burung lovebird sakit di dalam kandang karantina/inkubator"][/caption]

4. Pada hari 1 – 3 berikan juga jagung yang sudah diberi air.


5. Pada hari ke empat barulah pada inkubator diberi cepuk air kecil untuk sarana lovebird tersebut minum.


6. Pada hari keempat kurangi intensitas lampu di siang hari.


7. Oleskan balsem sebagai penghangat di kedua kaki lovebird tersebut tiap pagi dan sore.


8. Selalu teteskan obat dalam, BirdPro langsung ke paruhnya maksimal 3 tetes sebagai pensuplai vitamin, antioksidan dan antibakterial.


9. Jika stroke tersebut baru 1 minggu, insya Allah lovebird tersebut akan sembuh kurang dari dua minggu.


Catatan: Saya sudah dua kali menyembuhkan lovebird stroke, dan atas seijin Yang Kuasa, lovebird-lovebird tersebut sudah sehat kembali.


Tony Alamsyah, Black Bird Keeping


Catatan Om Kicau:


Selama ini Om Tony memang banyek bereksperimen dalam perawatan dan penyembuhan burung sakit. Misalnya saja untuk burung yang ada benjolan kutil di dekat mata, dia "berani" mengoperasinya dengan cara dia sendiri. Yakni menusuk benjolan, mengoreknya dengan cotton bud dan menuangkan obat ke dalamnya. Bisa sembuh juga itu burung.


Khusus masalah BirdPro, sebenarnya ceritanya berawal lama dari  obat yang digunakan oleh Om Firliyansah Jakarta dengan menggunakan propolis.   


Apa itu propolis? Bagaimana Om Kicau meramunya dan membuat ukuran yang pas untuk burung dan juga mempelajari efek lainnya, baik pada kondisi fisik maupun psikis burung? Ok, tunggu saja artikelnya yang akan Om Kicau tulis sebagai penanda produk baru Om Kicau yang bernama BirdPro.  

Sabtu, 16 Oktober 2010

Download suara burung kacer

Download suara burung kacer. Untuk download silakan klik ini.

Jumat, 15 Oktober 2010

Tips memilih dan merawat sangkar burung branjangan

Oleh: Bagus... Branjee of Jackal




[caption id="attachment_23044" align="alignright" width="103" caption="Branjee of Jackal"][/caption]

Sangkar  atau ada yang menyebutnya  kandang burung merupakan piranti yang wajib dimiliki oleh penggemar burung ocehan termasuk branjangan (BR). Sangkar branjangan memiliki keunikan bila dibanding dengan sangkar burung lain karena karakter dan sifat dasar burung ini juga berbeda dengan burung ocehan lainnya.


Di habitat aslinya, branjangan adalah burung yang suka berada di permukaan tanah/pasir dibandingkan bertengger di ranting maupun ketinggian. Burung ini juga lebih senang berjalan maupun berlari dibandingkan dengan meloncat berpindah dari ranting satu ke ranting lain.




[caption id="attachment_23035" align="alignright" width="244" caption="Contoh sangkar branjangan atau BR dengan hiasan pahat tipis"][/caption]

Pada saat musim kawin dan birahi, burung ini sering terlihat terbang tinggi vertical sambil berkicau merdu untuk menarik lawan jenisnya. Pengamatan akan perilaku burung tersebutlah yang menjadikan design dan model sangkar branjangan seperti yang sering kita lihat sekarang.


Sesuai karakter dan sifat dasar burung ini, sangkar branjangan dibuat dengan luasan vertical (meninggi). Bentuk sangkar bisa bermacam macam mulai dari persegi empat (kotak) ,segi enam, maupun hexagon, yang semuanya tergantung dengan selera meskipun secara umum bentuk yang paling banyak dijumpai adalah silinder (bundar).


Hal unik yang membedakan sangkar branjangan dengan sangkar burung lain adalah tenggeran berupa batu apung di tengah posisi sangkar, serta bubukan batu bata merah halus sebagai material yang digunakan pada dasar sangkar.


Apabila sobat omkicau.com berencana untuk membeli, memesan atau malah sudah memiliki sangkar untuk branjangan kesayangannya, berikut ini beberapa tips yang barangkali bermanfaat.


-       Pilihlah sangkar dengan diameter minimal 1,5 X rentang sayap branjangan. Hal ini dimaksudkan supaya pada saat branjangan mengepakkan sayap, tidak ada bagian tubuhnya yang terluka. Jika rentang sayap branjangan 25 cm misalnya, maka diameter sangkar yang ideal minimal 37 cm. Tentu saja tidak perlu menangkap dan mengukur branjangan kesayangan untuk mengetahui rentang sayapnya, cukup dikira kira saja.











-       Sesuaikan diameter dan tinggi sangkar dengan kondisi di lingkungan dan tempat tinggal Anda. branjangan memang membutuhkan ruang gerak dan ruang terbang yang cukup tetapi bukan berarti sangkar harus tinggi dan lebar. Jangan sampai keberadaan sangkar branjangan malah mengganggu pandangan dan aktivitas penghuni rumah. Sangkar yang terlalu besar dan tinggi akan merepotkan jika hendak dibawa atau dipindah-pindah.


-       Jarak ideal ruji adalah yang tidak bisa dilewati oleh kepala branjangan. Jarak yang terlalu longgar bisa membuat burung terjepit dan tercekik atau bahkan lepas, sedangkan jarak ruji yang terlalu rapat membuat burung menjadi kurang jelas terlihat saat bertengger.


-       Pastikan keseluruhan ruji sangkar telah diraut dan diamplas dengan baik sehingga tidak akan melukai branjangan terlebih jika branjangan anda masih giras/nglabrak.


-       Ruji yang baik terbuat dari bambu yang tua dan diambil dari bagian terluar (kulit), serta melalui proses pengeringan dan pengobatan anti rayap/ngengat. Jika ruji dibuat dari bambu muda dan bukan bagian terluar serta tidak melalui proses tersebut maka sangkar akan melintir atau “menggeliat” setelah dipakai beberapa lama. Hal ini penting diperhatikan karena sangkar branjangan akan sering terpapar langsung oleh sinar matahari saat burung dijemur.


-       Sangkar dengan bahan utama bambu lebih baik karena bambu memiliki keunggulan dibanding bahan lain di antaranya kuat dan ringan, mudah dibentuk, serta ramah lingkungan.


-       Usahakan memilih sangkar dengan alas berbahan papan kayu/ triplex tebal supaya lebih awet dan kuat karena dasar sangkar akan “terbebani’ oleh bubukan bata. Pastikan juga kawat atau plat logam pengait alas sangkar masih berfungsi dengan baik dan selalu pada posisi yang tepat. Beberapa kejadian branjangan lepas dari sangkar diakibatkan “tebok”  jatuh karena ambrol maupun disebabkan pengaitnya lepas.


-       Warna sangkar sebaiknya disesuaikan dengan warna dominan (nuansa) batikan burung. Jika batikan branjangan bernuansa coklat tua kemerahan, sebaiknya Anda memilih sangkar dengan warna yang cerah atau terang. Sebaliknya jika batikan branjangan bernuansa kuning bersih maka Anda bisa memilih sangkar dengan warna gelap atau bahkan hitam. Hal ini dimaksudkan supaya branjangan yang ada di dalam sangkar menjadi jelas terlihat serta tidak tersamarkan dengan warna/cat sangkar.


-       Gunakan tenggeran dari bahan batu apung dengan bentuk bundar, oval, atau persegi dengan sudut tumpul, atau bentuk asli (alami) dari batu apung tersebut dengan diameter antara 6,5 cm - 9 cm.




[caption id="attachment_23036" align="alignright" width="244" caption="Body sangkar atau sering disebut 'gembung'"] [/caption]

[caption id="attachment_23037" align="alignright" width="244" caption="Penempatan cepuk makanan dan minuman"][/caption]



[caption id="attachment_23039" align="alignright" width="256" caption="Tebok sangkar dan tenggeran batu apung sangkar branjangan"][/caption]



[caption id="attachment_23038" align="alignright" width="244" caption="Pengeringan setelah proses pengobatan anti ngengat"][/caption]

Ratakan bagian atasnya supaya datar dan pastikan tidak tajam/kasar yang bisa melukai kaki branjangan. Permukaan tenggeran tidak boleh terlalu halus dan licin.

-       Sebaiknya sediakan cukup satu tenggeran saja dengan posisi di tengah supaya branjangan terbiasa berkicau di tenggeran tersebut.


-       Tempatkan cepuk wadah pakan,minum, dan EF dengan posisi lebih rendah dari tenggeran.


-       Tambahkan bubukan bata yang sudah disaring halus (kira-kira sehalus kopi bubuk) ke dalam dasar sangkar dengan ketebalan 1 cm -1,5 cm. Alternatif yang bisa dugunakan sebagai bubukan alas sangkar adalah tanah liat (diambil di sawah) yang kering dan ditumbuk serta diayak halus, pasir laut, pasir bangunan,  atau kombinasi dari beberapa bahan tersebut.


-       Di habitanya, branjangan adalah burung yang suka “mandi’ dengan menggesekkan seluruh badannya di permukaan tanah. Mandi pada branjangan bertujuan untuk menjaga suhu tubuhnya tetap stabil. Misal cuaca panas dan terik, branjangan akan berusaha untuk mengalirkan atau meredam hawa panas tubuhnya melalui mandi atau “kipu”. Begitu juga sebaliknya jika badannya terasa dingin (malam hari), branjangan akan kipu dengan jalan menyerap panas yang disimpan oleh bubukan yang ada di dasar sangkar.


-       Biasakan mengerodong branjangan pada malam hari supaya terbebas dari ganguan nyamuk, serangga pengganggu, angin/hawa dingin, sehingga branjangan bisa beristirahat dengan nyaman dan kemudian segar bugar bernyanyi riang keesokan harinya. Pakai dan pilihlah krodong yang sesuai dengan ukuran sangkar. Jangan terlalu ketat, jangan terlalu longgar. Krodong juga berfungsi menjaga sangkar terkena embun. Ruji maupun ornamen dari bambu akan lebih cepat berubah bentuk jika selalu terkena embun dan panas secara terus-menerus.


-       Berilah grease (minyak, gemuk) pada pangkal besi pengait supaya sangkar branjangan aman dari gangguan semut.


-       Gantang sangkar di tempat yang aman dari gangguan dan jangkauan tikus maupun hewan predator.


Semoga tips ringan tersebut bermanfaat bagi Anda dan Branjangan kesayangan.


Salam Mirafra Javanica, salam dari Kaliurang


Bagus... Branjee of Jackal





[caption id="attachment_23040" align="aligncenter" width="506" caption="Pengrajin melakukan finishing sangkar branjangan "] [/caption]

[caption id="attachment_23041" align="aligncenter" width="504" caption="Batikan warna disesuaikan dengan nuansa batikan burung branjangan"][/caption]

 


 


 

Kamis, 14 Oktober 2010

Download suara burung link lama dan tambahan baru

Belalang Emas
Belalang Raja
Branjangan
Burung Gereja Kawin Lain
Burung Gereja Kombinasi Cililin
Burung Gereja Om Kicau Dot Com
Burung Kenari Spanish Timbrado
Burung LB Yang Lain
Keluarga Kenari Yang Lain
Keluarga Kenari
Mozambik
Suara Aneh Dua
Suara Aneh Empat
Suara Aneh Tiga
Suara Aneh
Suara Belalang
Suara Blackthroat Putus
Suara Blackthroat
Suara Burung Alap
Suara Burung Camnpuran Impor
Suara Burung Ciblek Lain
Suara Burung Ciblek
Suara Burung Cucak Jenggot
Suara Burung Gereja
Suara Burung Jalak Putih
Suara Burung Jalak Suren Atau Uren
Suara Burung Kenari
Suara Burung Parkit
Suara Burung Sanma
Suara Burung Tengkek
Suara Burung Walet
Suara Cangkas
Suara Cililin Cokelat
Suara Eagle
Suara Jangkrik Besetan
Suara Jangkrik
Suara Kenari Variasi Cucak Jenggot
Suara Kenari
Suara Lovebird Lain
Suara Serangga Malam



Senin, 11 Oktober 2010

Kenari Mr Green ditransfer Rp. 30 juta, tembus rekor Papburi Solo

 




[caption id="attachment_22947" align="aligncenter" width="506" caption="Nuansa Batik: Papburi Solo 10 Oktober 2010"][/caption]

Hampir bersamaan waktunya kabar itu datang. Om Puguh Laropstar, Ketua Papburi Solo,  mengirimi saya email hasil lomba kenari Papburi Q-Maxs 10 Oktober 2010 dengan bonus "info hangat" adanya transaksi kenari jawara Papburi Solo. Sekitar 10 menit sebelumnya, sang pemilik burung yang  mentransfer kenarinya menelepun saya. "Sedang apa ini Om? Ini Wenas...," kata orang di seberang sana.


Ya, itu telepun dari Om Wenas, salah satu "suhu" pemasteran kenari di kawasan Soloraya. Setelah mengobrol soal HP-nya yang hilang sampai cerita "gegap gempitanya" lomba burung Owen Award, Om Wenas  mengabarkan bahwa salah satu kenarinya, Mr Green sudah ditransfer pemain kenari Kediri, Om Ferry.


"Ya kisaran Rp 30 juta Om untuk Mr Green dan blacktroath Panjul," kata Om Wenas sambil menambahkan bahwa untuk harga Rp 30 juta itu, Om Wenas memberi bonus salah satu blacktroath andalannya selama ini yang diberi nama Panjul.


Sayangnya, karena setelah itu Om Wenas minta agar saya segera mengirim produk untuk stamina burung, saya malah lupa minta traktir untuk keberhasilan transfer Mr Green dan Panjul hehehe.... Nilai transfer itu, menurut Om Wenas merupakan rekor tertinggi burung Papburi Solo hingga saat ini. "Ya, sementara ini adalah rekor Papburi Om," katanya.


Konfirmasi mengenai transfer Mr Green dan Panjul datang dari Om Puguh Laropstar. " Berita lapangan tetapi  perlu konfirmasi dulu.... Kenari Pak Wenas diboyong ke Kediri oleh Ferry. Saya dengar nilainya sampai 30 juta tetapi rinciannya belum ada. Jagoan campuran impor, Panjul, kelihatannya juga diboyong Ferry," kata Om Puguh via email.


Huaduh-huaduh... melayang lagi nih jagoan Solo ke kota lain. Siapa Mr Green? Siapa  Panjul atau siapa Om Wenas? Ya sekilas lihat bisa disimak lagi artikel saya yang satu ini (klik saja).




[caption id="attachment_22948" align="aligncenter" width="506" caption="Om Puguh (kedua dari kiri) sepertinya habis "menikahkan" Om Wenas (jaket coklat) dengan Om Ferry (kaos putih) diamini oleh Om Wimpie (baju katok-katok eh.... kotak-kotak)"][/caption]

Membludak


Lomba Pabburi Solo, Minggu 10 Oktober 2010, di Ndalem Ngabean Baluwarti sendiri sudah bisa ditebak, sukses tiada halangan sesuatu apapun dan malah selalu menunjukkan peningkatan peserta. Untuk lomba semua kelas Q-Maxs misalnya, peserta membludak dan bahkan untuk anis merah terpaksa menolak peserta karena mengingat waktu.


Karena penonton juga membludak, sampai-sampai panitia harus menggelar tikar cadangan. Ya harap dimaklumi, bahwa lomba Papburi adalah lomba burung gaya lesehan dan menurut saya memang inilah lomba nyaman senyaman-nyamannya lomba burung. "Range sistem penjurian Papburi ditempel dan dibagikan pada pengunjung. Sejumlah teman yang bertugas juga menerangkan penerapan sistem penjurian dan semua peserta bisa menerimanya," kata Om Puguh.


Lomba kali ini juga tergolong istimewa karena penuh nuansa batik selaras dengan pencanangan salah satu identitas baru Solo sebagai Kota Batik.


Paguyuban Penggemar Burung Kenari (Papburi) Solo dan Q-Maxs sukses menggelar lomba burung bertajuk Olimpiade Kenari di Ndalem Ngabeyan Kalitan Solo, Minggu 10 Oktober 2010.




[caption id="attachment_22949" align="aligncenter" width="506" caption="Full tetapi tetap nyaman...."][/caption]

Kenari Olimpiade


Dalam lomba kali ini, juga diterapkan penggabungan kelas pada kenari. Yakni penggabungan kelas kenari Kalitan dan Reguler menjadi Olimpiade Kenari. Sistem ini dimaksudkan sebagai penyatuan kelas kenari di lomba Papburi Solo yang sebelumnya ada pembedaan antara kenari besar dan kenari kecil.


"Ini merupakan proses evaluasi... berbagai pendapat sebelumnya memang sudah mengarah ke tujuan itu. Pertimbangan  lainnya  adalah sebagai reaksi akan asumsi sebagian penggemar yang menilai besarnya postur kenari mempengaruhi kualitas suara secara keseluruhan, pada kenyataannya tidaklah demikian. Hal ini dibuktikan dengan maraknya berbagai persilangan kenari yang ternyata banyak juga kenari kenari kecil dan tanggung yang berprestasi," kata Om Puguh.


Secara sepintas, lanjutnya, postur jenis besar memang lebih gagah dan mantab. Tetapi kenyataan di penggemar sebenarnya postur tanggunglah yang sering terlihat diminati karena dianggap sebagai standard ideal. "Pernyataan ini sebenarnya bisa diterima logika mengingat kenari besar kalah dalam kuantitas sedangkan kenari kecil kadang tidak begitu diperhatikan terkait dengan nilai jual."


Lalu bagaimana jika dihubungkan dengan lomba? Lomba memerlukan beberapa kriteria kepantasan yang semuanya bisa didapatkan pada semua jenis kenari. Hanya saja hal ini memang perlu sebuah analogi yang tidak terpengaruh pada pendapat kebanyakan. "Semua perlu diuji dan dicobakan, dan semua punya peluang yang sama untuk menang."


Sebagai reaksi pendapat di atas, menurut  Om Puguh, perlu kiranya ada sharing pendapat yang bisa menjelaskan bahwa sebenarnya kenari yang baik tentu mempunyai modal dasar untuk bisa bersuara panjang. Sedangkan isi variasi lagu dan kemampuan memaksimalkan volume, tegas Ketua Papburi Solo, merupakan proses dari usaha pemilik untuk memberikan kesempurnaan pada kenarinya.


JUARA KONTES BURUNG, PAPBURI SOLO- Q-MAX, 10 OKTOBER 2010










































































































































































































































KELAS KACER
JUARANAMA BURUNGPEMILIKALAMAT
1KETIPUNGPRIYO SNGUTER
2REM ANGINIRWANSAHACEH
3YAKUSAKOKOPAPBURI SUKOHARJO
4LEKA-LEKAKUKUHSOLO
5RONCEYUSWONOGIRI
6KERE HOREHENDRISOLO
7BANYU BIRUBUDI SUNGONILAN
8BERKATADIGROGOL
9HITAM MANISTHOMASSOLO
10METEORSARMINNGUTER
KELAS ANIS MERAH
JUARANAMA BURUNGPEMILIKALAMAT
1HERCULESHUSENSOLO
2BCLJAROTWONOSARI KLATEN
3GLADIATORFAJARPAPBURI SUKOHARJO
4AVATARDITASOLO
5JALULUKMANSOLO
6EENGKRISWANTOPALUR
7ONE DOLLARFERRYKEDIRI  JATIM
8DOLLARZAZASOLO
9SAKRALLOLIKBOYOLALI
10KANCILYOYONPALUR
KELAS COCAK HIJAU
JUARANAMA BURUNGPEMILIKALAMAT
1MAHA MERULUKMANSOLO
2GREEN TEADEDYSALATIGA
3KUNCENSETO UNSSOLO
4ALTERILUDIBOYOLALI
5RONGGO LAWEARIKARTOSURO
6ANDOIDANTONKLATEN
7TOP GRENNMASTER JANTOKARTOSURO
8SAFIRABUDI SUNGONILAN
9LOWO IJODR AGUSSOLO
10BUTO IJODR. AGUSSOLO










































































































































































































































KELAS CAMP. IMPORT
JUARANAMA BURUNGPEMILIKALAMAT
1KALKULATORHANDI HOHOSOLO
2CAHAYAFERRYKEDIRI JATIM
3SUPERSTARSBAYUGN KIDUL
4MOTIFATORMR ANDISOLO BARU
5BERKATADIGROGOL
6BANGKITLEJENSOLO
7SPARTANMR ANDISOLO BARU
8GENDONADICOLOMADU
9GLADIATORYOTTOKARANGASEM SOLO
10GNTGENTURGN KIDUL
KELAS EBOD CANARY
JUARANAMA BURUNGPEMILIKALAMAT
1JABULANIREZAKLATEN
2FREND  2SUSILOKLATEN
3ANGEL  2ANDRISOLO
4BOM WAKTUBAYUGN KIDUL
5RODA MASTOTOK PJAJOGJA
6HELLBOYDUA DEWIKLATEN
7PANGERANTARIKLATEN
8GRACIA 2ANDRISOLO
9MR. GREENFERRYKEDIRI  JATIM
10MR. BONDWENASSOLO
KELAS  OLYMPIADE CANARY
JUARANAMA BURUNGPEMILIKALAMAT
1ANGEL  2ANDRISOLO
2MR. BONDWENASSOLO
3MR. GREENFERRYKEDIRI  JATIM
4PANGERANTARIKLATEN
5RAJA KAYANGANMENDEMKLATEN
6SILVER QUEENNEJINGJOGJA
7BOM WAKTUBAYUGN KIDUL
8CASANOVAANDIKAGN KIDUL
9RODA MAS VTOTOK PJAJOGJA
10PAJEROBIYANTOBOYOLALI

Jumat, 08 Oktober 2010

Hasil Lomba Burung PKPI Cup 1 2010 di Lapangan Banteng (BnR)

Berikut ini hasil Lomba Burung PKPI Cup 1 di Lapangan Banteng Jakarta pada 3 Oktober 2010 yang diadakan BnR. Hasil lomba saya ambilkan dari Majalah BnR. Mohon maaf jika kurang jelas.