Hasil Lomba Burung Presiden Cup 2

Even Presiden Cup yang dikemas BnR pekan lalu di Parkir Timur Senayan Jakarta boleh dibilang jadi semacam pesta akbarnya kicau mania tahun ini. Inilah hasilnya.

Perlu catatan harian penangkaran

Penjodohannya pun tidak mudah, sebab membedakan jantan betina pun tidak gampang. Butuh pengalaman dan kepekaan untuk memastikan jenis kelamin. Banyak sekali kasus breeder pemula gagal.

Kendala selalu ada, tetapi bisa diatasi

Penelurusan ke sejumlah breeder cucakrawa, disebutkan bahwa kendala yang harus dihadapi sesungguhnya cukup banyak. Namun kendala-kendala ini ternyata tidak pernah menyurutkan para breeder, karena biasa diatasi.

Cucakrowo perlu ketenangan dan multivitamin

Meski ada pemodal kelimpungan ketika ikut-ikutan mencoba beternak cucakrowo namun ada saja breeder yang tersenyum lantaran modal yang dikeluarkan relatif sedikit tetapi hasilnya berlipat-lipat.

Harga burung saat ini

Harga burung di wilayah Solo dan sekitarnya (Soloraya) pada pertengahan Maret 2012 menunjukkan beberapa kenaikan yang signifikan. Seperti apa?

Kamis, 30 September 2010

Serba-serbi harga branjangan

Oleh: Bagus, Branjee of Jackal




PENGANTAR: Ini adalah tulisan yang dikirim oleh Om Bagus, salah satu BirdShop Onliner OmKiau.Com.  Silakan disimak untuk menambah wacana  seputaran burung branjangan atau Mirafra javanica.






[caption id="attachment_22720" align="aligncenter" width="456" caption="Branjangan Batikan Klaten (Body Besar)"][/caption]

Sejak bergabung dengan omkicau.com dan tercantum sebagai top broker spesialis Branjangan (sok-sokan banget, sok spesialis dan sok pakar hehehe), banyak sobat omkicau.com yang berkirim sms dan menelpon menanyakan hal seputar burung branjangan.

Ada beberapa hal pokok yang saya catat dari pertanyaan dan diskusi dengan rekan rekan pengunjung omkicau..com . Kali ini saya akan bertutur seputar harga.


 


Berapakah harga burung Branjangan (BR) bakalan?




[caption id="attachment_22721" align="alignleft" width="300" caption="Branjangan Batikan Kemerahan (KedungKwali)"][/caption]

Harga bakalan BR bervariasi mulai dari 50rb, 100rb, 200rb bahkan sampai dengan 1 jutaan.. Secara umum, harga piyikan yang jinak karena diambil sejak lolohan akan lebih mahal dibanding dengan yang ditangkap muda hutan. Sebetulnya habitat BR bukan di hutan seperti halnya jenis cucakrawa maupun muraibatu. Istilah muda hutan saya pakai untuk menamakan branjangan bakalan yang ditangkap oleh pemikat dalam kondisi sudah bisa makan, terbang, dan bahkan berkicau di habitatnya yaitu sawah, tegalan, lereng perbukitan di daerah pantai, dan hamparan rerumputan/ilalang.




[caption id="attachment_22722" align="alignleft" width="300" caption="Branjangan Batikan Purworejo (BR body kecil)"][/caption]

Sebagian besar penggemar lebih senang memelihara yang jinak karena lebih cepat belajar bernyanyi dan beradaptasi serta tidak takut dengan keberadaan manusia. Sebagian lagi lebih senang memelihara dari muda hutan karena mereka yakin BR muda hutan sudah memiliki dasar lagu yang diperoleh dari habitatnya serta memiliki volume yang lebih keras dan ‘ngristal’. Untuk masalah penjinakkan, mereka punya tips dan trik masing masing. Kapan kapan saya akan share tentang hal ini.hehehe


 


Berapakah harga burung branjangan jadi?


Harga burung yang sudah jadi dalam pengertian cukup umur dan rajin bernyanyi juga bervariasi mulai dari 300rb sampai dengan jutaan rupiah.


Mengapa harganya bervariasi? Ada yang murah ada yang mahal dan sangat mahal?


Harga dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satu yang mendasar adalah ukuran body. Branjangan dengan ukuran body besar lebih banyak disukai dibanding yang berbody sedang- kecil.


Rata rata Branjangan dengan body besar memiliki volume lebih keras dan lantang serta fasih menirukan suara burung lain maupun isiannya. Selain suaranya, branjangan body besar juga lebih gagah jika dilihat. Bagi yang menggemari body sedang-kecil, mereka memliki pertimbangan bahwa suara branjangan body sedang-kecil lebih ngristal,pedas, serta tajam.


Asal daerah juga menjadi pertimbangan karena beberapa daerah dianggap menghasilkan burung lebih baik dibandingkan daerah lain. Daerah yang masih menjadi primadona para pemburu branjangan adalah Kaliori-Banyumas, Kebumen (Petanahan-KedungKwali-Ambal-Mirit), serta wilayah Kulonprogo atau orang sering menyebutnya dengan Wates.


 


Mengapa Branjangan dari daerah tersebut banyak dicari?




[caption id="attachment_22723" align="alignleft" width="300" caption="Branjangan Batikan Wates body sedang"][/caption]

Selain berbody rata rata besar, BR dari daerah tersebut juga memiliki corak batikan dengan warna yang menarik. Batikan Kaliori hampir mirip dengan batikan Kulonprogo, coklat kekuningan, sedangkan batikan Kebumen dan Purworejo memilik batikan coklat tua cenderung kemerahan. Tentu saja hal ini tidak sepenuhnya akurat karena wilayah tersebut masih berdekatan sehingga dimungkinkan terjadi perkawinan silang, perpindahan populasi maupun proses adaptasi dengan alam yang menyebabkan banyaknya ragam turunan corak dan warna batikan.


Seperti apakah BR body besar, sedang, kecil?




[caption id="attachment_22724" align="alignleft" width="300" caption="Bandingkan lebar dada branjangan ini dengan lembar uang"][/caption]

[caption id="attachment_22725" align="alignleft" width="300" caption="Perbandingan BR dengan lembar uang kertas"][/caption]

[caption id="attachment_22726" align="alignleft" width="300" caption="Rentang sayap branjangan"][/caption]

Banyak rekan yang membayangkan bahwa Branjangan yang berbodi besar adalah yang memiliki ukuran sebesar burung puyuh/gemak dan yang berbodi kecil seukuran burung colibri/prenjak. Sebetulnya perbedaan ukuran antara BR dengan body kecil dan sedang tidak terlalu signifikan sama halnya dengan perbedaan ukuran body sedang dan body besar.Jika seekor Branjangan diamati secara sepintas dan tanpa adanya pembanding maka akan sulit bagi kita untuk menilai apakah burung tersebut berbody kecil, sedang, atau bahkan besar. Kisaran panjang badan untuk BR adalah antara 10 cm s/d 14 cm.


Saya menggambarkan bahwa perbedaan body BR ibarat seperti sepatu dengan nomor 39 yang sulit dibedakan dengan nomor 40 kecuali kita melihat labelnya.


Jadi kembali ke masalah harga maka yang menjadi faktor dalam penentuan harga adalah:


Faktor objek atau spesikasi yang ada pada branjangan:


Spesifikasi di bawah ini tidak diurutkan sehingga tidak boleh disimpulkan bahwa yang saya sebutkan pertama akan lebih mahal atau lebih murah.

-          Body : besar-sedang-kecil


-          Mental : mapan, labil


-          Jinak, Giras, Mletik


-          Jambul (Paten, Mawar, Naga, Jenggot) -non jambul


-          Asal : Lokal, non Lokal


-          Umur: muda, dewasa, tua


-          Gacor, ngeplong, ngriwik


-          Gaya bunyi: Mleper, Kekejer


-          Batikan: Kuning, Coklat, Kemerahan, Abu-abu


-          Katuranggan : proporsi fisik seperti mata paru kepala, kaki, dada


-          Lagu: variasi dan susunan isian, ngeroll-miji miji, ngebass/ngristal,


Faktor Subyek atau faktor di luar spesifikasi burung:




[caption id="attachment_22730" align="alignright" width="300" caption="Branjangan Kaliori body besar"][/caption]

[caption id="attachment_22731" align="alignright" width="300" caption="Branjangan Purworejo (depan)"][/caption]

[caption id="attachment_22733" align="alignright" width="250" caption="Branjangan Purworejo (belakang)"][/caption]

-          Urutan dalam rantai distribusi.


Apakah mendapatkan burung tersebut langsung dari pemikat, pengepul, pedagang pasar, kolektor,pemain lomba.


-          Sangkar & Aksesoris


Harga sangkar dan aksesoris akan berpengaruh juga terhadap harga dan penampilan BR. Setidaknya pemilik yang menjual burungnya akan mempertimbangkan harga sangkar include dalam penawaran jika sangakrnya bagus/mahal.


-          Posisi tawar.


Jangan pernah menunjukkan wajah penuh nafsu kalau hendak membeli branjangan. Penjual akan dengan santai menyebutkan harga yang diinginkan, apalagi kalau BR-nya mbaor sambil mleper ala helicopter hahaha (hovering). Pada kondisi si penjual ingin jual cepat, maka posisi kita sebagai pembeli bisa lebih kuat, apalagi jika BR-nya males bunyi saat dipantau.


-          Reputasi Penjual/Pemilik.


Jika kita membeli branjangan dari penjual maupun pemilik yang terkenal, maka biasanya kita tidak begitu sensitif dengan harganya karena kita punya harapan dan anggapan bahwa harga yang ditawarkan akan berbanding lurus dengan kualitasnya. Persepsi dan anggapan yang berkembang adalah bahwa burung koleksi si A tidak mungkin jelek jadi saya berani bayar X rupiah. Hal ini memang berkaitan dengan kompetensi dan kecakapan penjual/ pemilik dalam memilih dan menyeleksi BR. Apalagi jika ada koleksi penjual/pemilik yang menjuarai lomba.


-          Lain lain:


Faktor lain yang juga mempengaruhi harga yaitu adanya kepercayaan atau mitos tertentu bagi sebagian orang yang mengakibatkan misalnya BR Blorok, BR Hitam, BR Albino membawa hoki, sehingga walaupun baru di tangan pemikat, harganya sudah jutaan rupiah. Atau BR Sri Kayangan dengan paruh, kaki, dan batikan kuning (wiring kuning) yang diyakini sebagai nenek moyang Branjangan di tanah Jawa. Saya pribadi mungkin tidak begitu tertarik untuk memiliki BR Albino, sehingga jika ada yang menawarkan dengan harga 1jt tidak akan saya terima. Berbeda dengan BR Sri Kayangan, jika ada yang menawarkan dengan harga 500rb akan saya bela belain bongkar celengan hehehe…


Ya, semoga artikel ini bisa memberikan gambaran kepada rekan-rekan pengunjung omkicau.com tentang serba-serbi harga branjangan. Apabila saya ditanya seperti apakah branjangan yang bagus? Saya tidak bisa menjawab karena semuanya tentang selera dan kita tidak bisa memperdebatkannya,… asal daerah dan batikan serta ukuran body tidak berpengaruh kepada bagus tidaknya seekor BR. Tetapi kalau ada istilah BR Bagus, itu artinya adalah branjangan milik Om Bagus…. Hahaha.


Mahal murah itu relatif.


 


Salam Kekejer, Salam dari Kaliurang

Rabu, 29 September 2010

Tips istimewa untuk pembuatan EF istimewa untuk berbagai jenis burung

Belum lama ini saya main ke rumah Om Awik, yang hanya berjarak sekitar 400 meter dari rumah saya. Om Awik ini saya kenal  pinter memelihara anis merah, terutama  untuk membuat anis merah teler atau membuat anis merah bisu menjadi bunyi.


Selain menggunakan produk Om Kicau, Om Awik ini punya resep istimewa  untuk membuat extra fooding (EF). Istimewa karena, minimal, selama ini belum pernah terlintas di benak Om Kicau dan ternyata memang sudah terbukti cespleng, minimal untuk burung-burung anis merah Om Awik.  Cara membuatnya pun sangat mudah, murah meriah, tahan lama dan jelas-jelas sangat alamiah, tak beracun tak ada efek samping negatif sama sekali.


Tetapi berdasar “bentuk jadi” EF ala Om Awik itu, Om Kicau yakin bahwa EF itu juga akan sangat cocok untuk berbagai jenis burung lainnya.


Untuk Anda yang ingin tahu bagaimana cara membuatnya dan bagaimana nanti bentuknya. Silakan Anda bergabung di milis infoburung@yahoo.com (klik saja yang belum gabung) dan resepnya saya berikan di sana.


Atau untuk Anda yang tidak bergabung di milis, tetapi sudah pernah membeli produk Om Kicau, silakan membuka tautan ini (klik saja) dan masukkan password yang akan Om Kicau kirim via SMS kalau Anda langsung bertanya ke Om Kicau melalui SMS ke 085 7273 91224. Format pesan SMS adalah berisi ini: [nama], [alamat lengkap], minta password (misal Agus, Jalan Pahlawan 52 Semarang 39001, minta password).


Karena Om Kicau ada database pembeli produk, maka nama Anda akan mudah terdeteksi dan akan saya kirim password-nya.


Kalau Anda tertarik, silakan gabung ke milis. Dan untuk pelanggan produk Om Kicau, silakan kirim SMS dengan format seperti di atas.


Salam SMS, salam dari Om Kicau!!

Resep membuat EF cespleng untuk berbagai jenis burung

Selamat pagi, malam atau sore....

Om dan Tante semua berikut ini saya berikan tips istimewa untuk membuat EF murah meriah, cesspleng untuk berbagai burung.

(MOHON DENGAN SANGAT, UNTUK MENDUKUNG PENGEMBANGAN PRODUK OM KICAU DAN MERAMAIKAN MILIS, RESEP INI JANGAN DISAMPAIKAN KE TEMAN  LAIN KECUALI MEMBER MILIS ATAU KONSUMEN PRODUK OM KICAU. UNTUK KALI INI SAYA BENAR-BENAR MOHON BANTUAN SAHABAT SEMUA. TERIMA KASIH ATAS PENGERTIANNYA.)


Senin, 27 September 2010

Olimpiade Kenari bersama Ebod Canary (Papburi Solo)

Oleh: Puguh Laropstar (Ketua Papburi Solo)




Pengantar: Berikut ini adal;ah catatan Om Puguh Laropstar di facebook.com, yang difoward ke inbox di email Om Kicau. Pesan yang disampaikan Om Puguh pada intinya saya  diminta memberikan catatan atas catatan ini. Namun karena belum sempat, silakan disimak saja catatan ini  dan mohon komentar dari Om dan Tante semua. Salam.



Setiap lomba Papburi Solo selalu saja masuk beberapa usulan dan masukan terutama menyangkut pelaksanaan lomba. Di sini bukan lagi rahasia kalau Papburi memang berbeda, baik sistem penjurian maupun tatacara pelaksanaannya.


Apabila usulan dan saran yang sifatnya membangun dan tidak menyalahi konsep Papburi yang bisa dikatakan berbeda itu kami berusaha memberikan penjelasan bahkan jika dimungkinkan kamipun akan turut serta mendukung segala perubahan kearah yang lebih baik.


Terkait lomba tanggal 10 Oktober 2010 boleh dikatakan ada sedikit perubahan terutama di kelas kenari, yaitu penggabungan antara kenari kecil (Kalitan) dan kenari besar (Reguler). meskipun satu nama yaitu "Kelas Kenari" sudah diterapkan di Papburi Jogya, tetapi dengan berbagai pertimbangan Papburi Solo masih melakukan pembedaan tersebut hingga lomba tanggal 8 Agustus 2010 yang lalu.


Sekiranya pantas untuk dimengerti cuplikan beberapa alasan pembedaan tersebut:
* Bahwa pendapat akan kualitas kenari kalitan dibawah/kalah dengan kenari reguler, pendapat yang benar tidaklah demikian, mungkin di penilaian volume bisa saja terjadi namun Papburi menerapkan penilaian volume dibawah urutan nilai variasi lagu, dengan demikian sebenarnya dua kelas ini  punya peluang yang sama untuk menang, mengingat kenari kecil lebih banyak pilihan untuk mencari yang berkualitas master
* Anggapan bahwa kenari kalitan mewakili mayoritas pemilik kenari yang memang sebagian besar memelihara kenari kecil dibanding kenari besar. Ini sebenarnya bukan sebuah alasan untuk dapat mengikuti lomba sesuai dengan kelasnya, karena kenari kecil sebenarnya tidak kalah, jika dipersiapkan dengan sebaik baiknya. Justru sebenarnya anggapannya yang keliru jika pemilik kenari takut melombakan burung kenari kecilnya jika berhadapan dengan kenari besar
* Mendidik agar penggemar secara keseluruhan senantiasa dapat meningkatkan kualitas kenarinya untuk kemudian mampu mempersiapkan di setiap event lomba, terlepas dari besar kecilnya kenari yang dimiliki, yang penting mendidik untuk punya keberanian tampil di lomba
Ini hanya cuplikan analisa mengapa kelas kenari kecil (kalitan) diterapkan, selanjutnya setelah melalui beberapa proses yang panjang kini kami akan mencoba menggabungkan dua kelas kenari menjadi satu kelas saja dengan nama Olimpiade Kenari, semoga kita semua bisa menerima, dan himbauan kami bahwa penggabungan ini akan memperluas pengetahuan tentang kenari secara lebih utuh.


Kemasan Ebod Canary
Seiring penggabungan itu kami bekerjasama dengan Ebod Canary yang selama ini dikenal dengan produksi pakan kenari dengan label " Pakan Wajib Kenari Lomba ' ini menyediakan hadiah total Rp. 3.500.000,- untuk membuka kelas kenari umum "Olimpiade" dan "Kelas Ebod Canary ".Dengan pendaftaran yang sama yaitu Rp. 50.000,- Anda punya peluang untuk mendapatkan hadiah 1 juta rupiah untuk mengikuti kelas ini, dengan catatan saat pendaftaran menyertakan 2 bungkus kosong kemasan Ebod Canary.


Harapan diadakannya kelas kenari umum ini sebagai tindak lanjut akan penggabungan 2 kelas yaitu kelas kenari Reguler dan Kalitan, selanjutnya hasilnya akan kami evaluasi lagi apakah pembedaan kenari besar dan kenari kecil masih akan diterapkan mengingat standarisasi 2 kelas ini semakin rancu dengan munculnya hasil hasil persilangan burung kenari yang mampu mengubah postur.


Harapan kami kelas kenari bisa menyatu dan mampu dijadikan rangsangan peternak untuk menghasilkan strain-strain yang lebih berkualitas. (*)


Berikut ini brosur Lomba Papburi 10 Oktober 2010:


Jumat, 24 September 2010

Menjadi birdshop-onliner tangguh, mengapa tidak?


Maraknya hobi burung, sudah pasti mendatangkan banyak peluang usaha di dalamnya. Salah satu hal yang selama ini ada dan sudah berjalan adalah jual beli burung secara online.


Namun, sebagaimana halnya yang terjadi di dunia nyata, di dunia maya pun banyak terjadi kasus penipuan. Misalnya soal kondisi burung tidak sesuai dengan yang diceritakan, tidak ada pengiriman burung meski sudah dibayar dan lain sebagainya. Padahal, seperti dalam penjualan offline, penjualan online pun akan mendatangkan banyak keuntungan secara kontinyu jika dilakukan secara jujur.


Nah, dengan kata kunci "jujur", ada satu peluang yang ceruknya masih terbuka luas untuk dijalankan. Sebagaimana saya pernah obrolkan dengan Om Dwi Lovebird Jogja, poin-poin yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:




1. Kumpulkan informasi tentang jenis-jenis burung dan harganya (disertai foto-foto, lebih bagus) yang ada di pasar burung tertentu di kota Anda.
2. Kirimkan informasi itu ke omkicau.com (bisa via email).
3. Update terus setiap ada perkembangan, misalnya kedatangan burung-burung baru, perubahan harga dan cerita apapun seputar aktivitas bisnis perburungan di kota Anda.
4. Siapkan diri Anda menjadi broker alias makelar (banyak yang risih dengan istilah ini, tetapi inilah dunia bisnis. Bahkan di pasar bursa saham pun ada yang namanya pialang, yang faktanya sama dengan broker).
5. Tetapkan prosentase fee yang Anda inginkan jika ada teman di kota lain yang minta jasa Anda untuk menjadi perantara. (Misalnya, 50% untuk burung di bawah harga Rp. 100.000, 30% untuk harga antara Rp. 100.000 - Rp. 200.000, 20% untuk harga Rp. 200.000 - Rp. 300.000, dst sampai 10% untuk harga di atas Rp. 1 juta).
6. Cari informasi tarif dan tata cara pengiriman burung dari kota Anda. Bebankan tarif ini kepada pembeli.
7. Nah, kalau Anda tidak bisa menjalankan operasional usaha ini, Anda bisa meminta saudara, teman, tetangga dan sebagainya yang bisa dipercaya dan tekun, dan fee dari usaha ini sebagian besar (misalnya 60%) diberikan kepada mereka. Namun, Anda bertanggung jawab penuh atas komuniasi dan pertanggungjawaban kepada pembeli, jika ada pertanyaan dan masalah teknis lainnya.
8. Daftar jadi member Om Kicau Hotline, hehehe...



Jadi, tugas Anda sebenarnya hanyalah main-main ke pasar burung sebagaimana Anda lakukan selama ini, mencatat setiap perkembangan yang ada dan menuliskannya di omkicau.com.


Hal yang paling berat pada awalnya hanyalah mencatat semua jenis burung yang ada di pasar burung di kota Anda dan harga-harganya. Kalau hal itu sudah terlewati, maka Anda sudah layak menjadi BirdShop-Onliner. Usaha Anda bisa berkembang dan tidak hanya pada masalah burung, tetapi pada barang apa saja yang memungkinkan ditawarkan secara online di kota Anda untuk orang lain yang memerlukannya.


Tugas selanjutnya adalah menambah dan membina anak buah (untuk informasi ketersediaan dan harga burung pun Anda bisa menyuruh orang lain), menerima komisi dan menjaga kepercayaan konsumen. Hal terakhir itu adalah syarat standar yang harus dan wajib dilakukan dalam bisnis apapun, baik di dunia maya atau di dunia nyata. Baik bisnis burung ataupun bisnis sarung, hehehe.


Catatan:

Selamat datang untuk Om Iwan/I-we yang kini sudah tercatat sebagai BirdShop Onliner di OmKicau.Com. Semoga semakin laris maniss...

Member OmKicau Hotline  BirdShop Onliner saat ini adalah:
1. Riyanto Jogja (cucakrowo, murai batu, lovebird) : HP 087838262173, website: klik di sini.

2. Bagus Jogja (SPESIALIS BRANJANGAN) HP. 08157931076.

3. Budi Manuk Klaten (Anis Merah, MB, Kenari) HP. 085725175333.

4. Awang Jogja (all) HP. 085643771339.

5. Yayan Solo (all) HP. 08121503782.

6. Gondrong Pasar Burung Depok Solo (all) HP. 081329269981.

7. B_Paten Solo (kenari) Hp. 02712144199.

8. Anjar Setiawan Surabaya (all) HP 08993655757250

Salam sukses, salam dari Om Kicau.

Kamis, 23 September 2010

Jaga nama trah "Golden", Black Bird Keeping terbuka launching produk

Black Bird Keeping, kolaborasi penangkaran murai batu punya Om Tony Alamsyah dan DwiTitis Bird Farm (DT BirdFarm) Jogja, kini mulai terbuka dalam launhcing produk mereka. Ada apa di balik semua itu?
Dari omong sana sini, ternyata itu sekadar sebagai pemberitahuan kepada khalayak menyusul banyaknya penangkar lovebird yang menggunakan nama "Golden" di luaran dan disebutkan sebagai hasil penangkaran trah Golden Boy-nya Om Dwi LoveBird Jogja.
"Silakan saja pakai nama Golden, itu kan nama umum, tetapi ya jangan dibranding sebagai trah-nya Golden Boy dari DT BiedFarm," kata Om Dwi.
Dengan launching secara terbuka demikian, maka publik bisa mengonfirmasikan jika suatu ketika ada orang yang menawarkan LB dengan embel-embel "Golden" atau trah jawara lainnya milik DT Birdfarm.
Hal ini memang bermula dari pertanyaan seorang teman di Batam kepada Om Kicau beberapa waktu lalu. Seusai Piala Presiden yang digelar BnR, ada teman dari Batam yang bertanya apakah dia benar beli Samber Gledek. Ceritanya, dia baru saja membayar LB bernama "Samber Gledek" sekian juta rupiah dari seorang penjual Solo.
Ya maklum saja orang akan percaya karena selama ini LB-LB anakan DT BirdFarm "dibranding" melalui dua jalur, yakni melalui Mas Yuli Pasar Depok Solo yang rajin mengikutkan burung ke arena lomba dan satunya adalah Om Tiony/Bajak Laut Cilacap.
Ternyata memang teman Batam itu tertipui. Karena saat itu, Bledek masih di Cilacap dan kini fotonya mejeng di sini.
Juga menurut kabar yang sudah dikonfirmasikan kebenarannya, ada seekor LB dengan meminjam nama Golden Boy untuk dituliskan di sertifikat sebagai salah satu juara di Lomba Piala Raja beberapa waktu lalu.
"Ya nggak apa-apalah kalau memang itu bisa mengangkat nama pemiliknya. Kalau yang ini, memang sudah minta ijin ke saya, meski baru disampaikan setelah sertifikat ditulis," kata Om Dwi alias DT suatu ketika.
Apakah dengan launching terbuka ini harganya "turun" dari harga standar jawara? "Ah kalau soal harga, ya biasalah. Peminat serius bisa menghubungi saya atau Om Tony atau Om Yuli Solo.
Ketika ditanya ada kesan bahwa LB dari DT BF mahal-mahal, Om Dwi hanya tersenyum. "Yang dicari LB apa. Itu ada teman jual LB anakan hanya Rp. 500.000 sepasang. Kalau mau, ya silakan saja. Sedangkan untuk LB anakan-anakan dari DT, kita tidak menjanjikan apa-apa kecuali bahwa menyajikan bukti. Lha bagaimana saya tidak sayang untuk melepas LB usia dini dengan harga umum kalau untuk beli indukannya saja saya juga merogoh kocek sampai belasan juta per indukan," katanya.
Buktinya, kata Om Dwi, anakan-anakan dari DT BF sudah banyak yang berprestasi ketika usia dalam hitungan jari satu tangan. "Kalau 'yang jelek' dalam kriteria umum, malah tidak saya jual tetapi saya besarkan untuk saya jadikan indukan. Pengalaman bertahun-tahun menunjukkan burung seperti itu akan beranak LB-LB bagus yang di dalamnya mengalir darah dari kakek atau neneknya."


Inilah beberapa anakan dari DT BF yang sudah moncer dalam usia dini:




Nah kalau yang di atas itu, kalau cocok harganya tentu dijual. Kalau cocok.

Kalau belum cocok, bisa pilih yang di bawah ini:



Salam bacok, salam dari Om Kicau.

Gabung di Grup InfoBurung dan dapatkan hadiah menarik

Sobat semua, seperti kita ketahui, di blog ini banyak sekali tanya jawab tentang burung yang sering kelewatan saya baca dan demikian pula Anda sering kelewatan membaca tanggapan saya atau sobat yang lain.


Lagi pula, banyak sekali pertanyaan berulang yang karenanya saya sering kesulitan mencarikan link jawaban tersebut.


Oleh karena itu, marilah, sobat semua saya ajak untuk bergabung dalam milis infoburung@yahoogroups.com sebagai salah satu sarana kita berkomunikasi antar sesama penghobi burung secara lebih intensif. Atau kalau Anda pengin juga meluaskan wacana tentang perburungan, Anda yang belum bergabung, silakan untuk bergabung di forum burung seperti di web kicaumania.org. Semakin kita banyak bertemu orang, semakin luas tali silaturahmi kita.


Juga, di dalam grup itu Anda bisa menyampaikan penawaran dan permintaan untuk burung antarsesama member grup. Di sana pula Anda akan mudah mengupload foto dan melihat foto apapun yang ditawarkan member lain.


Dan yang lebih penting lagi, seperti saya sampaikan di atas, dengan menjadi member grup, Anda tidak akan kehilangan momen pembicaraan isu-isu yang menarik tentang burung karena semua tanya jawab bisa Anda lacak dengan mudah kapanpun Anda suka.


Diakui atau tidak, milis masih tetap merupakan salah satu sarana efektif untuk berkomunikasi di era online ini karena kemudahan dalam akses, bahkan dengan telepun genggam jaman baheula sekalipun.


Seperti kita ketahui pula, banyak kantor/instansi yang  memblokir komputer staf dari akses atas web atau blog tetapi tetap memberikan sarana membuka dan mengakses email.


Kalau demikian, tidak ada alasan untuk tidak gabung di milis InfoBurung.


Ada hadiahnya


Loh hadiah apaan memang? Ya tunggu sajalah, nanti akan kita beritahukan. Yang jelas, hadiah tidak mengecewakan dan sesuai dengan hobi kita burung. Lah apa? Tunggu saja pemberitahuannya dan nanti semua member berhak diikutkan dalam pengundian hadiah.


Tuinggu apa lagi? Silakan segera klik link ini: GABUNG..


Salam milis, salam dari Om Kicau....

Hasil Grand Opening Lomba Burung Berkicau KMYK

Berikut ini Hasil Lomba Burung KMYK Minggu 19 September 2010 berdasar rekapan yang dikirim Om Adit (Moriezt KMYK) melalui email.



[caption id="attachment_22650" align="aligncenter" width="506" caption="Rombongan Panitia plus teman-tema KM Jateng"][/caption]

Salam hangat dari Om Kicau.

Rabu, 22 September 2010

Kenari jawara Park Sj Om Fredy KM ternyata moncer juga berkat racikan Om Kicau




[caption id="attachment_22630" align="alignleft" width="300" caption="Om Fredy KM"][/caption]

Selasa (21/09/2010) sore saya terima telepun dari Om Fredy KM (Fredy Tjandra). Tumben nih, pikir saya. Eh, ternyata telepun untuk mengucapkan selamat atas kemenangan kenari yang saya bawa ke Lomba KMYK, 19 September 2010.


"Selamat deh Om untuk kenarinya. Tetapi saya juga mau ngucapkan terima kasih. Berkat racikan yang Om kirim, kenari saya moncer terus. Terakhir menjuarai lomba Pra NKpl BnR dengan hadiah yang lumayan gede," katanya.


Wah... kenari Om Fredy memang "gila". Selama bulan ini sudah turun 6 kali dengan menyabet 4 kali juara I dan 2 kali juara II. Artinya hampir setiap pekan turun lomba dan diikutkan pada lebih dari satu kelas.


Om Fredy yang punya hobi sepakbola ini pun mengirim foto melalui email. Isi email sangat ringkas. "Park Sj, dari penangkaran ke tangga juara berkat racikan Om Kicau."


Weh dapat email begitu tentu saja hidung Om Kicau kembang kempis. Tentu saja ngiler dengan hadiahnya, eh... salah, maksudnya senenglah kalau racikan saya bisa menambah power dan stamina Park Sj.





[caption id="attachment_22631" align="aligncenter" width="414" caption="Park Sj (kanan) dari penangkaran ke tangga juara berkat racikan Om Kicau"][/caption]

Tidak mau disebutkan dari mana asal kenari itu, Om Fredy hanya bilang, "Ya sebut saja dari penangkaran kicaumania Om, hehehe." Saya pun memakluminya. Kadang-kadang ada rivalitas terselubung antar penghobi untuk menyembunyikan identitas atau asal burung. Tentu saja bermaksud "mengurangi kekuatan lawan" di lapangan hehehe....

Kenari ini, menurut Om  Fredy memang memiliki penampilan unik. Selain selalu ngotot buka sayap ketika berkicau, isiannya pun ada yang terdengar mendencing. "Seperti  gelas digosokkan ke keramik," kata Om Fredy mengibaratkan.


Dan hebatnya, kenari ini sudah lama masuk penangkaran. Padahal banyak anggapan bahwa kenari yang sudah keluar masuk penangkaran,  akan turun drastis performa tempurnya. Nyatanya, kenari Om Fredy tidak demikian.


Bahkan, keta Om Fredy, "Banyak kenari bos-bos gede dilibas oleh Park Sj. Di lomba terakhir itu, beberapa bos tanya-tanya mendesak saya untuk memberitahu asal kenari. Saya ya hanya tertawa."


Para bos itu, kata Om Fredy, rata-rata keheranan melihat "kenari pendatang baru" bisa mengalahkan burung-burung mereka. "Ya Om, terima kasih sekali lagi ya atas racikannya," kata Om Fredy sebelum menutup telepun.


Soal racikan saya yang mana yang membuat kenari Park Sj selalu moncer bertenaga, Om Fredy hanya mengatakan, "pokoknya ya bijinya itu Om, sip banget."


Saya pun hanya bisa menduga-duga sebab Om Fredy memang membeli beberapa item produk saya. Antara lain adalah produk yang saya gunakan untuk diberikan kepada kenari Om Kicau yang moncer di Lomba KMYK.


Anda pengin mencoba?

Selasa, 21 September 2010

Racikan EF pengantar kenari jawara lomba KMYK itu namanya BirdFood...




[caption id="attachment_22615" align="aligncenter" width="392" caption="Apapun burungnya... yang penting EFnya hehehe... JUARA I LOMBA KMYK CUP 2010"][/caption]
Sabtu 18 September 2010. Burung kenari --tanpa nama -- punya Om Erik itu saya bawa begitu saja ketika saya mau berangkat ke Jogja. Saya memang sudah meniatkan untuk menurunkan burung kenari di arena lomba yang digelar KicauMania.Org Regional Yogya (KMYK) pada Minggu 19 September 2010.

Tidak ada persiapan khusus untuk kenari F! berdarah YS warna bon hijau itu. Yang saya tahu, selama ini burung tersebut memang sudah dimaster sebagaimana mestinya. Dirawat sebagaimana mestinya dan punya performa bagus. Itu saja.

Cuma memang, selama empat hari sebelum lomba dan sampai hari datangnya lomba, burung itu diberi ekstra fooding racikan khusus. Dan sore hari sebelum berangkat saya bawa ke Jogja, burung sudah diberi bijian khusus dalam jumlah tertentu dengan cara pemberian tertentu pula.

Selepas Isya' saya berangkat ke Jogja dengan sebelumnya nyamperin cucak jenggot punya Mas Man, Klewer Kartasura, yang juga mau saya turunkan di arena lomba. Sesampai Jogja saya langsung menuju Taman Kuliner Condong Catur, Sleman, arena yang digunakan untuk Lomba KMYK. Di sana masih banyak teman KM Yogya yang masih sibuk dengan persiapan akhir lomba.

Kenari dan cucak jenggot saya turunkan dari mobil, saya cek sehat semua, langsung saja saya titipkan Mas Mufid, di outlet pakan burung milik Om Iwan, di Taman Kuliner itu.Di tempat itu, sempat asyik ngobrol-ngobrol dengan teman-teman sampai larut malam.

Bersama Om Tony Alamsyah si Bocah Nakal, eh... si Bajak Laut, dan Om Dwi Lovebird saya menuju ke "hotel" Griya Taman Asri, alias rumah Om Dwi. Kenari dan cucak jenggot saya tinggal di outlet Mas Iwan.

Karena berangkat tidur selepas subuh (saat itu Om Tony dan Om Dwi sudah tidur duluan setelah beberapa saat melanjutkan obrolan), saya bangun kesiangan. Dan itupun setelah "digobyak-gobyak" Om Tony untuk segera meluncur ke Taman Kuliner.

Sesampai di Taman Kuliner, saya tengok kenari dan cucak jenggot. Saya cek pakannya, eh semua bijian khusus yang saya berikan sudah bablas dimakan tak bersisa, sementara pakan racikan khusus masih ada sekitar seperempat wadah pakan ukuran kecil. Sedangkan telur puyuh sudah coklat dan saya buang sementara buah apel sudah layu (sampai-sampai Om Irvan Sadewa bilang, "wah apelnya kok sudah kering sih Om", yang saya jawab sambil tersenyum, "Hehehe, nggak penting Om. Yang penting kan itu tuh pakan yang di wadah...")

Setelah kandang saya bersihkan, kenari saya buka tanpa saya kerodong sama sekali sampai burung itu digantangkan pada siang hari. Bahkan kenari itu juga tidak saya gantungkan alias tetap berada di halaman outlet Masa Iwan. Tentu saja dia terus bernyanyi tak henti-henti.

Hal itu tentu membuat risih orang-orang yang paham persiapan burung untuk lomba. Om Irvan Sadewa pun tidak tahan untuk mengingatkan saya, "Om kok nggak digantung, juga nggak dikerodong sih." Saya hanya menjawab dengan tersenyum.

Saya memang punya perhitungan sendiri untuk menyiapkan kenari itu. Simpel saja sebenarnya, yakni karena saya berencana hanya menurunkan sekali saja kenari itu di kelas utama (Kelas Opor Ayam). Artinya, sebelum menurunkannya, saya harus menguras dulu sebagian tenaga kenari. Jika tidak demikian, maka kenari akan terlalu powerfull karena pemberian EF racikan khusus "melebihi takaran". Saya khawatir burung malah nabrak-nabrak sangkar ketika tanding.

Bahkan strategi itu masih saya barengi dengan pemilihan nomer gantangan. Saya memang sengaja terlambat untuk mendapatkan tiket dengan harapan dapat nomer gantang di pinggir. Yah benar saja, si burung dapat nomer 20, yakni di pojok timur-selatan.

Mengapa saya memilih pinggir? Alasannya simpel, saya ingin kenari fokus menghadap ke arah tengah lapangan dan ini hanya bisa dilakukan kalau "tidak ada gangguan musuh" di sebelah kanan, kiri dan belakangnya (arah ini adalah arah penonton).

Semua perhitungan saya cuma berdasar feeling saja melihat karakter kenari dan suasana lapangan. Ketika saya berniat membawa kenari itu ke Lomba KMYK, juga karena feeling saja bahwa burung itu sedang dalam top performa karena rawatan harian sudah dilakukan sebagaimana mestinya. Demikian juga dalam perawatan menjelang lomba, sudah disediakan racikan khusus sebagaimana mestinya.

Lha bagaimana kalau tidak mengandalkan feeling? Apa mau mengandalkan pengalaman? Ya tentunya omong kosonglah, sebab sudah hampir sekitar 4 tahun terakhir saya tidak lagi ikut lomba kecuali hanya datang untuk bertemu dengan teman-teman penghobi burung. Artinya dari sisi pengalaman empiris merawat burung lomba, hehehe, sudah tidak punya lagi. Habis terkikis jaman kali ya...

Tetapi ya itu, ternyata... si kenari dapat koncer A full dari semua Juri alias Juara I dengan kemenangan mutlak. Nah akhirnya... strategi saya kali ini terbukti manjur.

Sambil memberi ucapan selamat, beberapa teman, termasuk Om Tony dan Om Irvan, membujuk saya untuk mendaftarkan lagi kenari itu di kelas Pecel Lele (kelas kedua sore hari). Saya menolak karena kalau diturunkan lagi, saya pastikan kenari itu sudah tidak akan sengotot saat tanding di kelas pertama. Sebab, tenaganya sudah terkuras bukan hanya pada saat tanding pertama, tetapi beberapa saat sebelum tanding karena memang sudah "saya gembosi".

Karena ada guruan bernada desakan, akhirnya saya minta teman Mas Mufid untuk mendaftarkan kenari sekaligus menggantangkannya. Celakanya, karena saya memang sudah tidak berniat menurunkan lagi kenari itu, sampai-sampai lupa memasukkan wadah pakan, air dan EF yang saya lepasi sebelum tanding pertama sampai sekitar 2 jam setelah tanding. Perawatan ala kadarnya selanjutnya dilakukan teman Mas Mufid.

Ya feeling saya terbukti lagi. Kenari itu tidak mau lagi ngotot dan hanya dapat Juara III. Uhhhuuu.... Ya alhamdulillah-lah ya hehehe....

Eh sampai lupa... karena kenari itu saya bawa tanpa nama paten sebelumnya, jadilah saya daftarkan ke panitia rekap piagam dengan nama "Om Kicau" dan pemiliknya adalah "Omkicau.com" hehehe. Padahal, kenari itu sudah punya nama sendiri selama ini dan itu juga bukan kenari saya tetapi memang kenari itulah yang saya jadikan sebagai salah satu pilot project produk-produk Om Kicau.

Begitu sobat sedikit cerita tentang penggunaan racikan khusus dan biji khusus untuk kenari. Racikan khusus itulah yang selama ini saya branding dengan nama BirdFood.

Sedangkan soal cucak jenggot, walah... burung ini "no walk" alias tidak jalan hahahaha... Tetapi saya memakluminya, sebab burung ini terlihat stress karena ketika saya coba mandi karamba, meski sudah saya pancing dengan sedikit semprotan air, tetap tidak mau. Lebih parahnya lagi, dia tidak saya beri kroto sebelum tanding sebagaimana pesan pemiliknya karena kroto bawaan dari Solo saya buang karena sudah dirubung semut sesampai di Jogja. Sedangkan pagi harinya, tidak ada kroto bisa saya temukan di Taman Kuliner.

Jadi meski burung cucak jenggot itu punya kualitas bagus, tapi tanpa perawatan sebagaimana mestinya tidak juga bisa nampil. Ya bagaimana tidak berkualitas bagus karena cucak jenggot itulah yang nagkring sebagai Juara V di kelas cucak jenggot pada Piala Raja 2010 lalu.

Nah, sampai saat ini saya belum bisa bercerita banyak tentang Lomba KMYK kecuali bahwa lomba sudah berjalan mulus sebagaimana diharapkan, meski banyak gantangan kosong karena kebetulan pada hari yang sama ada lomba burung di Prambanan.

Bahkan saya belum tahu persis jumlah pesertanya karena semua catatan dan hasil rekapan juara yang semula sudah saya pegang diminta lagi oleh panitia untuk dijadikan arsip karena panitia saat itu belum sempat menggandakan kecuali untuk sejumlah wartawan media massa.

Tetapi yang lebih menyedihkan adalah saya tidak bisa mengabadikan dengan kamera (HP mangsudnya, hehehe) acara itu karena HP kena virus yang mengubah ekstensi foto yang karenanya tidak bisa didownload.

Ya, selamat dan sukses untuk KMYK. Selamat untuk para kicaumania yang sempat hadir meramaikan lomba.

Salam dari Om Kicau.

Senin, 20 September 2010

Sukses gelar lomba perdana di Mulur, tandai peresmian Papburi Sukoharjo

[caption id="attachment_22603" align="aligncenter" width="506" caption="Suasana lomba Papburi Sukoharjo di Balai Desa Mulur yang nyantai"][/caption]

Gelaran lomba pertama sebagai penanda peresmian Paguyuban Penggemar Kenari (Papburi) Sukoharjo, Minggu 19 September 2010, sukses digelar di Balai Desa Mulur.


Om Puguh Laropstar, Ketua Papburi Solo, kepada Om Kicau mengabarkan lomba secara umum berlangsung lancar. Lomba Papburi Sukoharjo, katanya, cukup menarik penggemar perburungan. "Rekan2-rekan dari luar daerah banyak ysng datang seperti Jogya, Karanganyar, Wonogiri, Klaten dan tentunya Solo."


Suasana tempat, katanya, benar-benar ekslusif dan cukup mewah untuk ukuran lomba burung,  ( Balai Desa Mulur )


Jumlah peserta cukup banyak apalagi untuk ukuran launching perdana, lebih-lebih penonton sepertinya melampaui perbandingan jumlah peserta. "Kesimpulan saya lomba ini cukup menarik perhatian daerah sekitar, dimungkinkan saat lomba pertama hanya untuk melihat, tetapi terlihat antusiasme penonton untuk lomba berikut cukup besar, apalagi sosialisasi tanpa teriak mampu memberi suasana lain.  Semangat para pengurus untuk bekerjasama tampak terlihat. Mudah-mudahan begitu seterusnya".


Dalam acara peresmian Papburi Sukoharjo hadir pula Pengurus Papburi Solo Berikut ini hasil lomba yang masih di-handle oleh juri-juri Jogja dan Solo itu:

































































KELOMPOK KACER
JUARAPEMILIKNAMA BURUNG
1NOTACTECO
2YUS - WNGRONCE-RONCE
3BGKLX
4PRIYOKETIPUNG
5WARSISUPERMAN
6HARTOTOOTOMATS
7TOTOK PJATHE ROCK
8SARIMINMETEOR
9WIDIRAJA TOWER
10ADIBERKAT






























































KELOMPOK ANIS MERAH
JUARAPEMILIKNAMA BURUNG
1ARIDIO
2EMBOLPRIMADONA
3SAMSUDINGARU LANGIT
4HATAKOCO
5ESTUAGUNG JAYA
6ANTONBLASEM
7DJARWODUGEM
8KOMENGMIMIN
9RIFKISANEK
10EKOMARERE































































KELOMPOK COCAK  IJO
JUARAPEMILIKNAMA BURUNG
1BAGASSIMBAD
2SABUNANAK PUNK
3LUDYALTERI
4ANDREKOLOR IJO
5BUDI SUNSAFIRA
6HOHOSAMODRO
7ALAMSYAHBINTANG BUANA
8TUKINOJASS
9PULUNGKAMSO
10AYEAYE






























































KELOMPOK CAMP. IMPORT
JUARAPEMILIKNAMA BURUNG
1WENASPANJUL
2BADARTOMBO ATI
3ADIBERKAT
4BAYUSUPER STAR
5WENASOPIUM
6SARNOBLACKENT
7P BING0
8DENYBEJO I
9SABUNICIK - ICIK
10BADARTOMBO ATI






























































KELOMPOK KENARI REGULER
JUARAPEMILIKNAMA BURUNG
1WENAS - SOLOMR. GREEN
2BAYU - GN KIDULBOM WAKTU
3P. NURSK GILA
4DUA DEWIHELLBOY
5IWAN - BALIKPAPANSUPERMAN
6WAHYUCOBRA
7P. IWAN TATTOBATERFLY
8TOTOK PJARODA EMAS
9WENAS - SOLOMR. BOND
10WENAS - SOLOARISTROKRAT






























































KELOMPOK KENARI KALITAN
JUARAPEMILIKNAMA BURUNG
1BAYUBOM WAKTU
2IWANSUPERMAN
3YUSAC - DC
4DUA DEWIINLANDER
5TOTOK RJARODA EMAS 3
6MENDEMBAYU TEMBAK
7NURSK 32
8ANDIKACASANOVA
9P. IWANMATA AIR
10TARIPANGERAN

[caption id="attachment_22604" align="aligncenter" width="506" caption="Diskusi peresmian Papburi Sukoharjo"][/caption]

[caption id="attachment_22605" align="aligncenter" width="506" caption="Pengurus Papburi Sukoharjo"][/caption]

STRUKTUR ORGANISASI PAPBURI SUKOHARJO

Pengayom: Sugeng Purwoko ,SH
Ketua I: Sulistyo Wibowo S.Pd,M.Pd.
Ketua II: Kayun
Sekretaris: Dimas Arief Ridwan R ,SE
Bendahara I:  Andri Haryadi SE.
Bendahara II: Awaludin Danang ST
Humas: Gusti Wijarnako, Muh. Rifai

Sie Sosial dan Keamanan: ST Winardi
Pembantu Umum: Fajar Ari Prabowo SH, Heru Purwoko Spd

STRUKTUR ORGANISASI PAPBURI SOLO
Pelindung: K.R.M.A.T. Danu Hadiningrat (R.M. Anton D.S)
Ketua: Puguh Widyatmoko SH
Wakil Ketua: Basuki Kurniawan
Sekretaris I: Dadang Ariwibowo
Sekretaris II: Sholahuddin M. Spd
Bendahara I: Ponco
Bendahara II: Agung Hadi Prakoso
Seksi lomba: Andri Gunardi, Itok Budi, Dwi Joko Raharjo, Anto, Rudi
Seksi Bursa dan Peternakan: Wawan, Resi Dwi Sasongko, Doni
Humas: Teguh, Ari Budi Santoso, Harjanto, Ndut.

Salam Mulur salam dari Om Kicau.

Sabtu, 18 September 2010

Anis kembang dan anis merah itu kawin juga akhirnya!!




[caption id="attachment_22589" align="aligncenter" width="440" caption="Perkawinan anis kembang dan anis merah. Momen istimewa yang jarang terjadi."]
[/caption]


Kartasura, Jumat 17 September 2010 sore hari menjelang hujan deras. Mas Taufik dan Mbak Yuni dari Kunden, Karanganom, Klaten datang ke rumah dengan dua berita. Kedua berita itu sama-sama mengejutkan. Berita pertama adalah tentang terjadinya perkawinan antara anis kembang dan anis merah yang dia tangkarkan. Tidak hanya sekali, bahkan berkali-kali. Karena itu dia sempat mengabadikan momen tersebut dengan kamera HP.


Tentang berita kedua, nanti akan saya ceritakan setelah saya mencari tahu, apa yang sesungguhnya terjadi karena cerita ini menurut saya penuh misteri. Ya maaf saja, cerita akan saya tulis setelah informasi yang saya dapatkan cukup untuk membuat sebuah "cerita misteri dari dunia burung" hehehe.


Oke sakarang soal penangkaran anis kembang dan anis merah ini dulu ya.... Seperti pernah saya tulis sebelumnya,  berangkat dari iseng Mas Taufik ini mencoba menangkarkan jantan anis kembang dengan betina anis merah. Cerita lengkap "pendahuluan" tentang ini sudah saya tulis di artikel "Kalau Anis Kembang dan Anis Merah dikawinkan maka hasilnya..."


Datang ke rumah pada Jumat sore hari itulah Mas Taufik dan isteri membawa foto-foto penangkaran eksperimennya. "Perkawinan tidak hanya sekali Om bahkan berkali-kali," kata Mas Taufik yang dibenarkan Mbak Yuni, isterinya.


Kemudian berceritalah dia bahwa si betina sudah tidak galak lagi seperti pada bulan-bulan awal dijodohkan. Heheh, ceritanya dia sudah siaplah menerima kehadiran si burung belang-belang bernama anis kembang. Pasangan burung beda subspesies ini sangat akur dan mulai suka bersama-sama menyusun sarang dengan rapi.


Harapan Mas Taufik dan Mbak Yuni yang sudah sukses menghasilkan anakan dari menangkar murai batu dan cucakrowo ini tentu membuncah. Mereka tentu berharap anis merah segera bertelur. Soal meneteas atau tidak, jadi seperti anis merah atau anis kembang anakan-anakannya, tentu saja wallahu'alam.


Tetapi cerita Mas Taufik dan Mbak Yuni tentang penangkaran eksperimennya ini harus berselang-seling dengan cerita lain yang menurut kami bertiga masih penuh misteri. Cerita apa itu? Tunggu saja tanggal mainnya. Yang jelas, kita nikmati dulu foto-foto keakraban antara anis merah dan anis kembang di bawah ini. Karena saya tidak mau merusak cerita indah ini dengan cerita yang lain, hehehe. Suabaaar...


Salam eksperimen dari Om Kicau.

[caption id="attachment_22594" align="aligncenter" width="440" caption="Tengak-tengok cari kesempatan"][/caption]

[caption id="attachment_22592" align="aligncenter" width="440" caption="Saling merayu"][/caption]

[caption id="attachment_22591" align="aligncenter" width="440" caption="Mulai bercumbu"][/caption]

[caption id="attachment_22590" align="aligncenter" width="440" caption="Perkawinan"][/caption]

[caption id="attachment_22593" align="aligncenter" width="440" caption="Setelah kawin biasanya si betina masuk sarang. Siap bertelur?"][/caption]

Rabu, 15 September 2010

PBFD, penyakit paruh dan bulu pada burung paruh bengkok hanya bisa dicegah...

[caption id="attachment_22577" align="alignleft" width="300" caption="Burung penderita PBFD akut (www.avianbiotech.com)"][/caption]

Penyakit paruh dan bulu pada burung disebabkan oleh virus kelompok Circoviridaei. Penyakit paruh dan bulu banyak menyerang burung paruh bengkok (psittacines) sehingga secara khas penyakit ini disebut Psittacine Beak and Feather Disease (PBFD). Jenis burung paruh bengkok seperti betet (tetapi juga tidak tertutup kemungkinan untuk kakatua, Macaws African Grey, Ringneck parakeets, Eclectus Parrots, dan Lovebirds) sangat rentan terhadap serangan penyakit ini.


Akibat sangat fatal dari PBFD bisa menimpa burung-burung muda. Sementara burung yang lebih tua bisa tersembuhkan namun diyakini dia sudah potensial membawa virus Circoviridaei dan sewaktu-waktu bisa kambuh lagi atau menular ke burung lain. Namun sebaliknya, dipercaya juga bahwa burung itu bisa menurunkan kekebalan kepada keturunannya.





[caption id="attachment_22578" align="alignleft" width="228" caption="Lovebird penderita PBFD (www.avianbiotech.com)"][/caption]

Virus yang menyebabkan PBFD juga dapat menyerang (fungsi) hati, otak, dan sistem kekebalan tubuh. Akibatnya, burung bisa terserang penyakit lain karena terjadinya infeksi sekunder bakteri jamur, parasit, atau virus lain. Hal ini bisa menyebabkan kematian dini pada burung.


Penularan virus bisa terjadi karena adanya kontak langsung melalui manusia, udara, kotoran burung yang terinfeksi dan juga bulu dan debu yang beterbangan. Virus juga dapat ditularkan melalui permukaan yang terkontaminasi seperti sangkar, wadah makanan dan minuman, peralatan, kerodong dan lain-lain. Virus bisa bertahan hidup dalam lingkungan seperti itu selama berbulan-bulan, atau setelah sekian lama burung yang terinfeksi mati atau pindah.


Gejala





[caption id="attachment_22579" align="alignleft" width="252" caption="Bagian dada burung penderita PBFD"][/caption]

Gejalanya bisa berawal dari bulu yang tidak juga tumbuh setelah rontok, bulu rontok belum waktunya, bulu tumbuh tidak normal, burung mencabuti bulu sendiri, dan hilangnya selongsong di pangkal bulu. Gejala lain adalah paruh tumbuh tidak seimetris, bengkok tidak pada tempatnya, dan kadang-kadang hal yang sama terjadi pada kuku. Pada stadium ini, bisa juga burung terlihat stres dan menjadi kurus dalam waktu cepat.


Pada kondisi daya tahan tubuh burung turun drastis seperti inilah kemudian muncul infeksi sekunder (susulan) virus lain atau juga jamur dan bakteri. Dengan demikian, gejala dari serangan infeksi sekunder itu tidak secara langsung berhubungan dengan PBFD.


Pencegahan penyakit untuk kondisi ini hanya bisa dilakukan dengan mengisolasi atau mengarantina secara ketat burung yang berpenyakitan itu agar tidak menular ke burung lain. Atau pisahkan jauh-jauh burung yang sehat dari burung yang sakit. Hal ini harus dilakukan karena hingga saat ini belum ada cara pengobatan yang teruji efektif. Eksperimental untuk vaksin ini sedang dalam pengembangan.





[caption id="attachment_22580" align="alignright" width="301" caption="Bagian pangkal bulu burung penderita PBFD"][/caption]

Dalam kaitan inilah kita harus selalu mewaspadai adanya pertumbuhan bulu atau kerontokan bulu pada burung yang menyimpang. Namun perlu dicatat pula bahwa burung dengan kondisi bulu normal pun belum tentu bebas dari penyakit ini. Hal itu terbukti dari hasil positif dalam tes terhadap burung-burung berbulu normal yang ternyata sudah terinfeksi virus penyebab PBFD sebagaimana dilaporkan avianbiotech.com.


Saran Om Kicau:

Karena virus pada dasarnya menginfeksi burung yang daya tahan tubuhnya lemah, maka Anda harus menjaga fit burung-burung Anda. Misalnya dengan mengerodongnya di kala malam hari terasa dingin sekali, cukup dalam penjemuran, memberikan asupan nutrisi seimbang, selalu membersihkan sangkar dan perlengkapan burung lainnya dan selalu memperhatikan kondisi burung dari waktu ke waktu.


Kalau meniru perkataan Bang Napi di tipi maka Anda perlu "Waspada... waspada...penyakit burung datang bukan karena penyakit pengin menyerang tetapi karena ada kesempatan .... waspada... waspada..." Hehehehe....


Kalau memang burung Anda sudah terserang, sebenarnya Anda bisa mencobakan obat antiviral untuk burung produk dalam negeri. Namanya BirdPro, produk baru Om Kicau. Hanya saja, saat ini masih dalam ujicoba yang dalam tahap awal sudah menunjukkan hasil memuaskan. Tunggu saja tanggal launching-nya.


Salam waspada dari Om Kicau.

Pokoknya jangan lewatkan ya Lomba Burung KMYK 19 September 2010

Ini nih jadwalnya... Ikut dan ramaikan lombanya ya...



Pokoknya rufi deh kalau nggak datang dan ikuti.

Salam Bakdo Kupat, salam dari Om Kicau.

Rabu, 08 September 2010

Pengiriman produk setelah 14 September, mohon maaf lahir dan batin


Dikarenakan kebijakan PT Pos Indonesia yang baru akan mengirimkan semua titipan paket setelah 14 September 2010, dengan ini Om Kicau mohon maaf bahwa orderan beberapa teman untuk produk Om Kicau pada tadi malam dan hari ini, Selasa (7/09) malam dan Rabu (8/09),  tersendat pengirimannya.


PT Pos Indonesia memang salah satu jasa penitipan yang masih membuka loket hingga kemarin. Sedangkan untuk jasa penitipan lain seperti Tiki, sudah tidak menerima layanan sejak beberapa  hari lalu.


Berkaitan dengan masalah itu dan senyampang menyambut Lebaran, Om Kicau ingin mengucapkan: Taqobalallahu minna wa minkum, mohon maaf lahir dan bathin...


Ya, saya Duto (Om Kicau), mohon maaf sebesar-besarnya jika selama ini telah melakukan kesalahan, baik yang disengaja ataupun tidak kepada teman-teman semua.


Sekadar bingkisan dari saya, nih ada koleksi SMS ucapan selamat lebaran untuk sahabat, orang tua, pacar, teman yang unik, lucu, jayuz, gokil, serius, resmi pakai Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris yang saya ambilkan dari webnya Raden Beletz. Ya minimal bisa Anda bagikan ke adik atau teman, hehehe...


Selamat berlebaran...


Nih, koleksi SMS Raden Beletz:


Manusia akan segera kembali ke fitrah masing2, fitrah adalah ide bawaan sejak lahir, ide bawaan tersebut adalah “Laa ilaha Illallah” mari sucikan hati kita kembali kepada tauhid.


Bila Idul Fitri adalah lentera,
izinkan membuka tabirnya dengan maaf agar cahayanya menembus jiwa fitrah dari tiap khilaf


Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431H


*****


Walau Hati `gak sebening XL dan secerah MENTARI.
Banyak khilaf yang buat FREN kecewa,
kuminta SIMPATI-mu untuk BEBAS-kan diri dari ROAMING dosa,


kita hanya bisa angkat JEMPOL padaNya yang selalu buat kita HOKI dalam mencari kartu AS dan STAR ONE selama hidup, kita harus FLEXI-bel untuk menerima semua pemberianNYA dan menjalani MATRIX kehidupan ini… dan semoga amal kita tidak ESIA-ESIA.
MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN


*****


Ramadhan membasuh hati yang berjelaga
Saatnya meraih rahmat dan ampunan-Nya


Untuk lisan dan sikap yang tak terjaga
Mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya.


Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1431 H
Minal Aidin Wal Faidzin Taqabalallahu minnaa wa minkum


*****


Sekalian saya mau mengucapkan
Selamat Iedul Fitri 1431 H
Taqobalallahu minna wa minkum
Mohon Maaf Lahir Dan Bathin


*****


Sayup terdengar takbir berkumandang
Tanda Ramadhan akan lewat
Ampunan diharap, barokah didapat
Taqobalallahu minna wa minkum
Mohon maaf lahir dan bathin


*****


Bryan Adams said “Please Forgive Me..”
Rio Febrian said “Ooo.. Maaf, maafkan diriku..”
Ruben Studdard said “Well this is my sorry for 2004.”
Yuni Shara said “Mengapa tiada maaf bagiku.”
Elton John said “Sorry seems to be the hardest word.”
Mpok Minah said “Maaf.. bukannya saya ngak ngerti.. bukannya saya nggak sopan..”
I said “Minal Aidin wal faizin..”


*****


Bila ada langkah membekas lara
Ada kata merangkai dusta
Ada tingkah menoreh luka
Mohon maaf lahir dan bathin
Selamat hari raya Idul Fitri 1431 H


*****


Ketupat udah dipotong
Opor udah dibikin
Nastar udah dimeja
Kacang udah digaremin
Gak afdhol kalo gak Minal Aidin wal Faizin
Taqobalallahu minna wa minkum


*****


Sebelum takbir berkumandang
Sebelum ajal menjemput
Sebelum jaringan over load
Ijinkan kami memohon maaf lahir dan bathin


The holy and beautiful Syawal will come soon
There is no word proper to welcome it
Except the word of pray and forgiveness
My Majesty if you forgive all my fault
And hope your worship accepted by Allah The God of Merciful and the Beneficent


*****


Orang yang paling mulia adalah
Orang yang mau memaafkan kesalahan orang lain
Bersihkan diri, sucikan hati Di hari yang Fitri ini.


*****


Bulan Ramadhan telah berlalu
Dan hari Kemenangan telah datang
Untuk itu mari kita bersihkan hati dan jiwa kita


Dari gelimang dosa


Mohon Maaf Lahir dan Bathin


*****


Berbuat khilaf adalah sifat
Meminta maaf adalah kewajiban
Dan kembalinya Fitrah adalah tujuan
MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN


*****


Ramadhan telah surut
Hari yang Fitri telah terbit
Maaf kumohonkan
Agar hati bersih dari dosa
Minal Aidin wal Faizin


*****


Let’s write all the mistakes down in the sand
And let the wind of forgiveness erase it away
Happy Idul Fitri, Minal Aidin wal Faizin


*****


MATA kadang salah melihat
MULUT kadang salah mengucap
HATI kadang salah menduga
Dengan niat tulus suci dengan ikhlas
Mohon Maaf Lahir dan Bathin


*****


Jika langkahku membekas lara,
Kataku merangkai dusta;
Lakuku menoreh luka;
Dari jeritan lubuk bathinku
Dengan ketulusan hatiku
Komohonkan maaf lahir bathinku


Taqobalallahu minna wa minkum
Minal Aidin wal Faizin
Mohon Maaf Lahir dan Bathin
Selamat Hari Raya Idul Fitri
1 Syawal 1431 H


*****


Andai tangan tak kuasa menjabat
Setidaknya kata masih dapat terungkap
Setulus hati mengucapkan
Selamat Idul Fitri, Mohon maaf lahir & batin
Ridho Allah dan berkahNya


Menyertai hambanya
Yang saling ucapkan maaf
Dan memberi maaf
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 H
Maaf Lahir Bathin


*****


Ijinkan saya bersajak
Untuk LISAN yang tak terJAGA
Untuk JANJI yang terABAIKAN
Untuk HATI yang berPRASANGKA
Untuk SIKAP yang meNYAKITKAN
Di hari yang FITRI ini, dengan TULUS HATI
Saya mengucapkan mohon MAAF LAHIR & BATHIN
Semoga ALLAH selalu membimbing kita Bersama di jalanNYA


*****


Sepuluh jari kutangkupkan
Maaf Lahir Bathin kupohonkan
Taqobalallahu minna wa minkum
Minal Aidin wal Faizin


*****


Gema takbir bergumpal didalam dada
Idul Fitri seratus meter lagi


*****


Semoga kesucian hati
Tidak hanya untuk Idul Fitri
Selamat Idul Fitri 1431 H
Mohon maaf atas kesalahan dan kekhilafan kami selama ini


*****


Ramadhan akan berlalu
Jiwa bersih membalut kalbu
Dengan kerendahan hati
Mohon diberi maaf yang suci
Selamat idul fitri 1431 H
Minal aidin wal faizin


*****


Sejalan dengan berlalunya Ramadhan tahun ini
Kemenangan akan kita gapai
Dalam kerendahan hati ada ketinggian budi
Dalam kemiskinan harta ada kekayaan jiwa
Dalam kesempatan hidup ada keluasan ilmu
Hidup ini indah jika segala karena ALLAH SWT
Kami sekeluarga menghaturkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 H
Taqobalallahu minna wa minkum Mohon maaf lahir dan bathin


*****


Sama-sama dik. saya juga mohon maaf lahir dan bathin


*****


Tiada embun yang lebih bening selain beningnya hati
Tulusnya jiwa membuka pintu maaf
Minal Aidin wal faizin Mohon Maaf Lahir dan Bathin


*****


Suminten wonten pinggir margi sadean kupat bumbune santen
Puniko dinten Riyadi sadaya kalepatan nyuwun pangapunten
Taqobalallahu minna wa minkum


*****


Mata bisa salah lihat
Kuping bisa salah dengar
Mulut bisa salah bicara
Hati bisa salah sangka
Di hari yang fitri ini
Mohon maaf lahir dan bathin


*****


Jika aku tak memberi maaf


Bukan karena aku tak mau memberi maaf
Tetapi engkau tak punya salah
Maaf apa yang harus kuberikan?


*****


Jika aku memberi maaf
Bukan karena engkau meminta maaf
Tetapi karena sepenuh maaf aku berikan
Setulus hati, seikhlas niatku
Meski tanpa kau minta


*****


Jika aku meminta maaf
Bukan karena hari ini Lebaran
Tetapi karena Ridho Allah SWT
Yang telah membukakan pintu kejujuran hati nurani
Untuk mengakui segala khilaf dan alpa
Dengan segenap cemas dan sesal
Aku memohon maaf


****


Mangan sate sak gulene, sego megono bumbu kemiri


kapan wae lebarane, sugeng riyoyo idul fitri


tumbar merico kecap asing


nyuwun ngapuro lahir lan batin


****


Kapanpun lebarannya, ucapannya:
Taqaballahu minna wa minkum


minal aidzin wal faizin


mohon maaf lahir dan bathin


****


Untuk sobat dekat


Aku sadar memang bukan teman yang sempurna untuk kamu.
Kesalahan dan kekhilafan. Selalu saja ada diantara kita.
Terutama aku yang sering ngerepotin kamu.
Met puasa dan Maafkan Lahir Batin.


eLu MeMaNg SoBaT gUe YaNg TeRbAiK
sAmPaI tErKaDaNg GaK kErAsA sEenAkNyA
gUe NgAtAiN lUe n NgEjEkIn Lu SeMaUnYa
MaAfiN gUe BuKaN mAksUd NgErEnDaHiN
jUsTrU kArEnA lUe AdAlAh SePeRtI
bAgIaN dArI dIrI gUe
MeT pUaSa Ya!


Untuk orang tua/ayah/ibu


Ayah dan Ibu sudah menukar seluruh jiwa
semata untuk kebahagian aku
Dan sampai saat ini belum tentu aku bisa
mengganti dengan kebahagian untuk Ayah dan Ibu berdua.
Selamat Beribadah Puasa, Ayah, Ibu
Mohon maaf lahir dan bathin.
Ananda, Irwan di Jogja.


Untuk orang tua/ayah/ibu dalam Bahasa Sunda


Wilujeng Sasih Siam
Kanggo Apa, Mamah sareng Kulawargi di Bumi.
Neda sih hapunten samudaya kalepatan
nu dihaja sinareng henteu.
Mugia ibadahna salawasna aya dina kamulyaan.
Ti Deden, eNeng sareng Anggun di Jogja.


Untuk kenalan kantor/relasi/teman jauh/tetangga


Satu tahun tidak terasa
Ramadhan telah kembali kengunjungi kita
Semoga yang dilalui dan dilakukan
Menjadikan kebaikan di bulan suci ini
Marhaban yaa Ramadhan
Mohon Maaf Lahir dan Bathin
Irwan & Keluarga


Untuk bos/atasan/ atau seseorang yang disegani


Matahari berdzikir, angin bertasbih dan pepohonan memuji keagungan-Mu.
Semua menyambut datangnya Seribu Bulan.
Selamat datang Ramadhan, Selamat beribadah puasa.
Mohon Maaf Lahir dan Bathin.
Irwan sekeluarga, Jogjakarta.


Untuk pacar :)


Semua yang kulakukan adalah untuk kebahagianmu.
Segalanya adalah untukmu.
Hanya saja aku bukan lelaki yang sempurna
selalu saja ada kata dan kesalahan
yang mungkin bisa menyakiti hatimu.
Selamat berpuasa sayang, terimalah maafku.
Bersama 1000 cinta, Aa.


Mungkin baru 90 hari kita berpacaran
namun tidak lebih banyak aku bisa
membuat kamu ceria dan bahagia.
Beri aku lebih banyak hari, bulan, bahkan tahun,
untuk dapat lebih membahagiakanmu.
Bersama bulan suci ini, kita rajut kembali
benang-benang pengertian diantara kita.
Aa, lahir dan bathin.


Maaf kalo selama ini aku suka bikin kamu kesal.
Jujur juga, memang aku gak gampang ngertiin kamu.
Tapi aku 100% cinta kamu.
Met Puasa, maafkan aku lahir dan batin ya.
I Love U.


Untuk istri


Ayah menyadari sepenuhnya masih banyak
mimpi kita yang belum bisa diwujudkan.
Ramadhan tahun ini semoga kembali
menghadirkan kebahagiaan ke rumah kita.
Selamat beribadah puasa ya Bu,
jangan bosan bangunkan tidur ayah saat sahur.
Mohon maaf lahir dan bathin.
1000 Kisses, Ayah.


****


Dalam kerendahan hati ada ketinggian budi.
Dalam kemiskinan harta ada kekayaan jiwa.
Hidup ini terasa indah jika ada maaf.
Taqabalallahu Minna Waminkum…


****


Pergilah keluh, ku tak mau berteman dengamu
Silahkan kesah, kau bukan takdirku
Mujahadah adalah temanku, dakwah adalah nafasku,
dan Allah adalah kasihku.
Maafkan segala kesalahan.


Insya allah … amal ibadah kita diterima dengan mengirimkan kumpulan sms lebaran ini.


(1) Ageng inggilipun Gunung Reksomuko inggih kangge nyawiake netro, Jembar ombonipun segoro minangkalbu namung pangangen-angen manungso, Bayu ageng topan lan leysus ingkang sumilir menika namung osiking napas kito, Inggih namung Toya Perwitosari ingkang manggen wonten ing ati sanubari kang suci. Ugi saking ati sanubari kang suci, kawula hangaturaken sedaya lepat lan luput kawula, nyuwun gunging samudra pangapsami kanti lelo salebeting manah, Sugeng Riyadin Idul Fitri mugi-mugi Gusti kang ngakaryo jagad enggal paring Rahmat, Barokah, ugi pangestu, Amin.


(2) Kita itu komedian. Harus berani+jujur menertawai cacat&khilaf kita sebagai insan yang lemah di panggungNya. Dengan itu kita bisa bangkit jadi insan baru di hari yang fitri


(3) Kata Rumi, Makrifat itu rasakan api secara langsung, bukan meracau tentang asap. Anggur spiritual itu beda. Maaf lahir batin, Selamat Idul Fitri


(4) Suarakanlah namaNya agar kemerdekaan nyala dijalanmu. Met hari raya Idul Fitri 1431H, Mohon maaf lahir dan batin.


(5) SMS Berbalas sambung:


Penulisan buku catatan ramadhan telah sampai pada halaman terakhir. Saatnya untuk menerbitkan sebagai anak ruhani. Selamat Idul Fitri. Mohon Maaf Setulusnya


Dan puncak kroniknya.. lahirnya jiwa suci. Taqabbalallah minna wa minkum, taqabal Ya Karim. Met idul Fitri 1431H


Semoga setiap orang percaya, sebelum menutup buku dapat membubuhkan sesuatu di buku, Selamat memaafkan orang yang menabukan buku. Salam


(6) Hari ini matahari tepat di atap khatulistiwa. Ia kehilangan bayangannya di bumi. Alampun ikut fitri. Maaf atas bayangan kesalahan saya. Salam


(7) Lima tangkai sedap malam:
Tangkai pertama, kupersembahkan bagi malaikat pemberi rahmat.
Tangkai kedua, terkirim harumnya bagi syuhada yang menegakkan tauhid.
Tangkai ketiga, kuulurkan kepada kaum yang bertahan dengan lapar atas nama iman.
Tangkai keempat, menjadi bingkisan untuk ibu yang melahirkan anak-anak salih dan salihah.
Tangkai kelima, menemaniku menyambut hari kemenangan.
“Selamat Idul Fitri, sahabat. Mohon maaf lahir dan batin.”


(8) Ente itu gimana sih? Adam yg cuma berbuat dosa sekali aja langsung dibuang dari surga. Lha ente… yang dosanya seabrek malah berharap masuk surga… Tapi tak apalah, selamat idul fitri.


(9) Apa daya tanpa kesadaran diri mengikat luka seseorang dengan perban tapi tak tahu didalam luka tertanam sebutir peluru. Selamat idul fitri mohon maaf lahir dan batin.


(10) Bukan sekedar tradisi, atau basa basi, ini ketulusan hati, di hari yang fitri. Mohon dimaafkan segala kesalahan diri.

Orang Ganteng Orang Jelek.
Gue Ganteng Elo Jelek.
Lebaran dah Dateng
So Maafin Gw Jek


Mohon Maaf Lahir Bathin

Koleksi Super Lengkap SMS Ucapan Selamat Idul Fitri (Lebaran)


Kata telah terucap, tangan telah tergerak, prasangka telah terungkap,
Tiada kata, Kecuali “saling maaf” jalin ukhuwah & kasih sayang raih
indahnya kemenangan hakiki, Selamat Hari Raya Iedul Fitri


Selamat Hari …… ,
Marilah Kita saling mengasihi n memaafkan…
Ku tau kau telah banyak berbuat salah Dan dosa kepadaku, sering meminjam
duit n Ga ngembaliin, pake motor Ga pernah isi bensin, tapi tak usah
risau… Ku t`lah memaafkanmu. ..


” Sepuluh jari tersusun rapi.. Bunga melati pengharum hati .. SMS dikirim
pengganti diri… Memohon maaf setulus hati … Mohon Maaf Lahir Dan Batin
.. Met Idul Fitri …


Sejalan dengan berlalunya Ramadhan tahun ini
Kemenangan akan kita gapai
Dalam kerendahan hati ada ketinggian budi
Dalam kemiskinan harta ada kekayaan jiwa
Dalam kesempatan hidup ada keluasan ilmu
Hidup ini indah jika segala karena ALLAH SWT
Kami sekeluarga menghaturkan
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 H
Taqobalallahu minna wa minkum
Mohon maaf lahir dan bathin


Andai jemari tak smpt berjabat,andai raga tak dpt b’tatap
Seiring beduk yg mgema,sruan takbir yg berkumandang
Kuhaturkan salam menyambut Hari raya idul fitri,jk Ada kata serta khilafku
membekas lara mhn maaf lahir batin.
SELAMAT IDUL FITRI


Kumpulan ucapan minta maaf Lebaran lewat sms


Mawar berseri dipagi Hari
Pancaran putihnya menyapa nurani
Sms dikirim pengganti diri
SELAMAT IDUL FITRI
MOHON MAAF LAHIR BATHIN


???? ???? ??? ????
Selamat hari raya idul fitri 1429H.
Mohon maaf lahir dan bathin ya..


Sebelum Ramadhan pergi
Sebelum Idul fitri datang
Sebelum operator sibuk
Sebelum sms pending mulu
Sebelum pulsa habis
Dari hati ngucapin MINAL AIDZIN WAL FAIDZIN
MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN


Aneka sms ucapan selamat Lebaran


Jika HATI sejernih AIR, jangan biarkan IA keruh,
Jika HATI seputih AWAN, jangan biarkan dia mendung,
Jika HATI seindah BULAN, hiasi IA dengan IMAN.
Mohon Maaf lahir Dan batin


Menyambung kasih, merajut cinta, beralas ikhlas, beratap DOA.
Semasa hidup bersimbah khilaf & dosa, berharap dibasuh maaf.
Selamat Idul Fitri


Mata kadang salah melihat. Mulut kadang salah berucap. Hati kadang salah menduga. Maafkan segala kekhilafan. Mohon maaf lahir dan bathin. Selamat hari raya Idul Fitri 1431H. Maafin ya.


Melati semerbak harum mewangi,
Sebagai penghias di Hari fitri,
SMS ini hadir pengganti diri,
Ulurkan tangan silaturahmi.
Selamat Idul Fitri


Sebelas bulan Kita kejar dunia,
Kita umbar napsu angkara.
Sebulan penuh Kita gelar puasa,
Kita bakar segala dosa.
Sebelas bulan Kita sebar dengki Dan prasangka,
Sebulan penuh Kita tebar kasih sayang sesama.
Dua belas bulan Kita berinteraksi penuh salah Dan khilaf,
Di Hari suci nan fitri ini, Kita cuci hati, Kita buka pintu maaf.
Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir Dan batin


SMS Selamat Idul Fitri 1431 Hijriah indah


Andai jemari tak sempat berjabat.
Jika raga tak bisa bersua.
Bila Ada kata membekas luka.
Semoga pintu maaf masih terbuka.
Selamat Idul Fitri


Ucapan Lebaran Bahasa Inggris Mohon Maaf Lahir Batin Selamat Idul Fitri


Faith makes all things possible.
Hope makes all things work.
Love makes all things beautiful.
May you have all of the three.
Happy Iedul Fitri.”


Walopun operator sibuk n’ sms pending terus,
Kami sekeluarga tetap kekeuh mengucapkan
Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir Dan batin


Bila kata merangkai dusta..
Bila langkah membekas lara…
Bila hati penuh prasangka…
Dan bila Ada langkah yang menoreh luka.
Mohon bukakan pintu maaf…
Selamat Idul Fitri Mohon Maaf Lahir Batin


Fitrah sejati adalah meng-Akbarkan Allah..
Dan Syariat-Nya di alam jiwa..
Di dunia nyata, dalam segala gerak..
Di sepanjang nafas Dan langkah..
Semoga seperti itulah diri Kita di Hari kemenangan ini..
Selamat Idul Fitri Mohon Maaf Lahir Batin


Kumpulan SMS Lebaran 1431H


Waktu mengalir bagaikan air
Ramadhan suci akan berakhir
Tuk salah yg pernah Ada
Tuk khilaf yg sempat terucap
Pintu maaf selalu kuharap
Met Idul Fitri


Walaupun Hati gak sebening XL Dan secerah MENTARI.
Banyak khilaf yang buat FREN kecewa,
Kuminta SIMPATI-mu untuk BEBAS kan dari ROAMING dosa
Dan Kita semua hanya bisa mengangkat JEMPOL kepadaNya
Yang selalu membuat Kita HOKI dalam mencari kartu AS
Selama Kita hidup karena Kita harus FLEXIbel
Untuk menerima semua pemberianNYA Dan menjalani
MATRIX kehidupan ini…Dan semoga amal Kita tidak ESIA-ESIA…
Mohon Maaf Lahir Bathin.


Rangkaian indah SMS Lebaran kata-kata ucapan selamat idul fitri


Satukan tangan,satukan hati
Itulah indahnya silaturahmi
Di Hari kemenangan Kita padukan
Keikhlasan untuk saling memaafkan
Selamat Hari Raya Idul Fitri
Mohon Maaf Lahir Batin


MTV bilang kalo MO minta maap g ush nunggu lebaran
Org bijak blg kerennya kalo mnt maap duluan
Ust. Jefri blg org cakep mnt maap gk prl disuruh
Kyai blg org jujur Ga perlu malu utk minta maap
Jd krn Mrs anak nongkrong yg jujur, keren cakep Dan baek
Ya gw ngucapin minal aidzin wal faizin , mohon maaf lahir Dan batin ..


Dia Pergi dengan bersahaja. Meninggalkan berkah & penampunan. Meninngalkan jejak pahala. Membawa mimpi surga ! SELAMAT IDUL FITRI, mohon maaf lahir & batin


Satu yang pasti dalam hidup: kita akan kembali kepada-Nya. Mumpung masih hidup Ayo sirahturahmi di hari yang fitri. SELAMAT IDUL FITRI, mohon maaf lahir & batin.


Ucapan Lebaran lewat SMS Selamat Idul Fitri


Masa aktif Hidup anda hampir berakhir, saldo dosa anda makin meningkat, di hari yang fitri ini raih kesempatan untuk meningkatkan saldo Iman. Isi ulang dengan sirahturahmi. SELAMAT IDUL FITRI, mohon maaf lahir & batin


Terselip khilaf dalam candaku. Tergores luka dalam tawaku, terbelit pilu dalam tingkahku, tersinggung rasa dalam bicaraku. Hari kemenangan telah tiba, moga segala dosa & kesalahan kita terampuni. Mari bersama kita bersihkan dihari yang fitri. SELAMAT IDUL FITRI, mohon maaf lahir & batin


Takbir, tahmid, tahlil tlah berkumandang. Memecah keheningan malam, mengantar rasa syukur padaNya. Esok pagi menyambut hari yang fitri, selamat hari lebaran 1431 H taqaballahu mina wa minkum, mohon maaf lahir dan batin


Menjelang Lebaran, Sebelum Sinyal Hilang, Sebelum Operator Sibuk, Sebelum SMS pending mulu, Saya mo ngucapin . Met Idul Fitri, Minal Aidzin Wal Faidzin Mohon Maaf Lahir dan Bathin


Tiada gembira yang menggelora, tiada senang yang mengangkasa, selain kita telah kembali pada fitrah dan ampunanNya. Taqaballahu mina wa minkum, selamat Idul Fitri 1431H, minal aidzin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin


Ucapan Lebaran Bahasa Daerah


Cangkem iki sering nggedabrus, utek iki sering mikir sing elek. Minal aidzin wal faidzin. Mohon maaf lahir batin.


Beningkan hati dg dzikir
Cerahkan jiwa dg cinta
Lalui hr dg senyum
Tetapkan langkah dg syukur
Sucikan hati dg permohonan maaf
mEt hArI RaYa IduL fiTrI
TaqobbaLallaHu minNa wA MinKuM
Minal AidziN WaL FaidziN
Mhn MaaF LahiR n BaTiN “;)